Cegah Peredaran Rokok Ilegal, Satpol P3KP Giatkan Operasi

Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) Kota Pekalongan rutin menggelar operasi Gempur Rokok Ilegal setidaknya 8 kali dalam satu bulan. Hingga minggu kedua Februari 2023, Satpol P3KP belum menemukan peredaran rokok ilegal. 

Menurut Sekretaris Satpol P3KP Kota Pekalongan, Amaryadi sekarang ada perubahan sistem dalam peredaran rokok ilegal, terbukti pada tahun 2022 didapati 400 batang rokok ilegal yang dipasarkan melalui online dengan sistem COD. "Saat ini peredaran rokok ilegal tidak hanya secara konvensional namun berkembang melalui aplikasi dan sistem COD. Kami harus lakukan kegiatan di luar konvensional patroli siber mengendus peredaran rokok ilegal," terang Amaryadi. 

Dijelaskan Amaryadi,sepanjang tahun 2022, Satpol P3KP bersama tim gabungan dari Polres, Kodim, dan Kejaksaan melakukan operasi Gempur Rokok Ilegal sebanyak 96 kali dalam satu tahun. "Kami melakukan penindakan di berbagai titik di empat kecamatan Kota Pekalongan," kata Amaryadi. 

Masifnya operasi Gempur Rokok Ilegal dengan sosialisasi dan pembinaan kepada para pedagang membuat para pedagang enggan ketika ditawari rokok ilegal. Terbukti pada tahun 2022 mengalami penurunan yang signifikan dalam temuan rokok ilegal. Tahun 2021 sebanyak 2.540 batang atau 127 bungkus. 

"Kami tetap giatkan operasi utamanya daerah perbatasan kota, pasalnya temuan sebelumnya banyak di daerah perbatasan. Harapannya para pedagang di Kota Pekalongan tidak mengambil resiko dengan menjual rokok ilegal. Menjual rokok ilegal sama saja dengan merugikan negara," pungkas Amaryadi.