Cegah Penipuan Online, Pastikan Melalui CekRekening.id

Kota Pekalongan - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Sosialisasi Layanan CekRekening.id dan Verifikasi Whitelist UMKM Kota Pekalongan di Hotel Santika Pekalongan, 24-25 Agustus 2022. Kegiatan ibu sebagai upaya untuk menurunkan angka penipuan online yang tengah marak terjadi.

Penanggung Jawab Layanan Aduan Tindak Pidana ITE Direktorat Pengendalian Aplikasi, Samsul Arifin mengungkapkan bahwa sosialisasi ini kali ke empat setelah Bali, Yogyakarta, dan Kota Semarang. "Alasan sosialisasi ini menyasar Kota Pekalongan yakni jumlah laporan penipuan transaksi online di Kota Pekalongan tembus di angka 1.452. Jumlah tersebut adalah data yang masuk, setelah diverifikasi ada 900 data lebih," terang Samsul.

Menurut Samsul tingginya angka penipuan transaksi online ini lebih dari setengahnya sehingga perlu adanya sosialisasi layanan CekRekening.id. "Kami melihat antusias dari para peserta, mereka ingin tahu cara bagaimana ketipu atau barang yang dikirim tidak sesuai. Kami ingin mengenalkan layanan dari Kominfo serta mencari solusi ketika terjadi penipuan transaksi online," beber Samsul

Di samping itu, disebutkan Samsul ada 100-200 laporan kaitannya dengan pinjaman atau investasi online. "Kami mengimbau ke masyarakat agar sebelum transaksi untuk mengecek rekening yang akan dituju melalui CekRekening.id jika nomor tersebut sudah terblok untuk tidak melakukan transfer ke nomor rekening tersebut," kata Samsul.

Samsul berharap laporan penipuan transaksi online di Kota Pekalongan semakin menurun dan masyarakatnya dapat membudayakan kroscek nomor rekening yang akan dituju.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)