Capai Target 52%, Pemkot Terus Lakukan Pelayanan KB Serentak

Kota Pekalongan – Akibat adanya Pandemi Covid-19 membuat pelayanan Program Keluarga Berencana (KB) sempat dihentikan selama kurang lebih tiga bulan, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran kasus Covid-19. Hingga bulan Oktober 2020 capaian program KB di Kota Pekalongan yakni 52,63%. Sehingga, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) setempat terus mendorong dan melaksanakan pelayanan serentak di tiap fasilitas kesehatan (Faskes) se-Kota Pekalongan.


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera, Sobirin SKM MM saat ditemui di Kantor Dinsos P2KB, Selasa (24/11/2020). “Bulan November ini masih kami kejar untuk pelayanan serentak. Pada bulan-bulan awal masa pandemi Covid-19 kami memang mengurangi pelayanna KB. Sehingga, apa yang menjadi target kami belum terpenuhi 100%,” ungkap Sobirin.


Lanjutnya, untuk capaian pelayanan KB dari Januari hingga Oktober 2020 yakni untuk IUD mencapai 659, MOW mencapai 133, MOP sebanyak empat, kondom capai 370, kemudian untuk implant mencapai 281, suntik mencapai 2.645, dan untuk pil sebanyak 589 peserta. Untuk target tahun ini yakni 8.895 peserta KB baru.“Jadi totalnya mencapai 4.861 atau baru sekitar 52,63%,” terang Sobirin.


Terkait protokol kesehatan yang diterapkan, ia menjelaskan bahwa dalam suasana pandemi Covid-19 pelayanan KB dilakukan dengan mengedepankan prokes yang ketat, salah satunya dengan melakukan pembatasan pelayanan baik jumlah pasien, hari maupun jam buka pelayanan.

“Kami berkoordinasi dengan faskes yang memberikan pelayanan KB, baik puskesmas, praktik bidan maupun klinik untuk tetap memberikan pelayanan dengan membatasi pasien maksimal 4 pasien KB. Selain itu, prokes tetap kami terapkan dengan ketat dengan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak. Dari petugas kesehatan juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD),” tutur Sobirin.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)