Calon Paskibraka Kota Pekalongan Mulai Dibekali

Sebanyak 70 orang calon Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023 yang akan bertugas pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang mulai dibekali sejumlah materi pendalaman dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Pekalongan, berlangsung di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, Kamis (13/7/2023). Selain materi tentang wawasan kebangsaan dari Bakesbangpol, mereka juga mendapatkan materi dari instansi terkait seperti dari Kodim 0710/Pekalongan dan Polres Pekalongan Kota.

Kepala Bakesbangpol Kota Pekalongan, M Taufiqu Rochman melalui Kasi Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Ainur Rofiq, mengungkapkan bahwa, telah terseleksi 70 orang calon paskibraka Kota Pekalongan Tahun 2023. Dimana, dari 70 orang itu terdiri dari 45 orang putra dan 25 orang putri.

"Hari ini merupakan pembekalan awal dari para calon paskibraka. Kemudian, di tanggal 17,18, dan 19 Juli, mereka diberi Pelatihan Baris Berbaris (PBB), pembinaan mental (bintal), kewarganegaraan, kepaskibrakaan, kepemudaan, kekompakan, dan sebagainya," ucapnya.

Disampaikan Rofiq, setelah itu dilanjutkan tanggal 22-23 Juli 2023 diadakan outbond dinamika kelompok di Kebun Teh Pagilaran Batang. Hal ini dilakukan untuk memunculkan jiwa korsa, kekompakan tim yang merupakan bagian terpenting  bagi mereka yang harus dimiliki.

"Disamping itu, ada kegiatan selama 14 hari mulai tanggal 27 Juli -15 Agustus diisi dengan pelatihan formasi upacara dan pembinaan wawasan kebangsaan, karantina tanggal 16-17 Agustus 2023. Di tanggal 17 Agustus mereka bertugas sebagai Paskibraka Kota Pekalongan. Kami berharap, seluruh rangkaian pelatihan hingga saat dan usai mereka menjalankan tugasnya sebagai seorang Paskibraka diberikan kelancaran, semuanya sehat, dan memberikan penampilan yang terbaik," tandasnya.