Bunda Literasi: Dukung Upaya Peningkatan Indeks Literasi Kota Pekalongan

Kota Pekalongan - Dalam rangka memberikan dukungan dan penguatan kepada Pemerintah Kota Pekalongan dalam mengembangkan budaya gemar membaca masyarakat, Bunda Literasi Kota Pekalongan, Hj. Inggit Soraya Ssn. menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan minat baca di tengah pandemi di Kelurahan Kauman Kota Pekalongan,Selasa (24/11/2021). 

Sebagai Bunda Literasi, Inggit merasa puas dan menilai sosialisasi ini sebagai salah satu usaha agar literasi di Kota Pekalongan dapat meningkat. 

"Alhamdulillah kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar, saya juga berterimakasih kepada kelurahan kauman yang sudah mengadakan sosialisasi ini, salah satu bentuk usaha kita untuk meningkatkan literasi di kota pekalongan terutama pada masa pandemi kemarin minat baca di kota pekalongan sangat menurun dratis, perpustakaan kota juga tutup," ucap Inggit. 

Dalam sambutannya Inggit menyampaikan di masa pandemi ini masyarakah lebih banyak memanfaatkan media digital untuk segala aktifitas diantaranya membaca. Untuk saat ini literasi digital sudah dilakukan melalui dari lingkungan terdekat yaitu keluarga. 

Menurut Inggit, peran keluarga dalam literasi ini tidak hanya memberikan fasilitas perangkat teknologi informasi pendukung saja, tetapi juga harus ada pendampingan, terutama kepada anak. 

Inggit menjelaskan dengan indeks literasi yang tinggi pada sebuah kota akan dapat mengubah nasib seseorang dan generasi muda di masa depan yang sejahtera. 

Sementara itu, Egih Sugiharja A.Md., selaku Kepala Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Kauman menyampaikan tujuan kegiatan hari ini yaitu peningkatan minat baca masyarakat wilayah pekalongan, khususnya kauman. Mengingat anak-anak yang selama pandemi bersekolah secara daring sehingga pihaknya inisiatif mengadakan sosialisasi untuk peningkatan minat baca masyarakat, terutama anak-anak. 

"Sasarannya kegiatan hari ini yaitu petugas-petugas perpustakaan RT, RW, kelurahan, ibu-ibu PKK, penggerak literasi, siswa di lingkungan kauman, mudah-mudahan perpustakaan kelurahan dapat aktif kembali," pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)