Bulan Dana, PMI Kota Pekalongan Targetkan Rp 500 Juta

Kota Pekalongan - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan menggelar rapat  monitoring dan evaluasi perkembangan realisasi penerimaan Bulan Dana PMI Tahun 2018  bersama  para OPD terkait, BUMN, BUMD, dan kewirausahaan di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Selasa (11/12/2018).

 

Dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Soeroso menyampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan sangat optimis target bulan dana PMI 2018 akan tercapai dengan memaksimalkan donasi dari potensi yang ada di Kota Pekalongan.

 

“Rapat ini dilakukan untuk evaluasi pelaksanaan penggalangan dana pada bulan dana PMI tahun 2018 mengenai bagaimana progres dana PMI yang sudah kita laksanakan kurang lebih dua bulan ini,” jelas Soeroso.

 

Dikatakan Soeroso, respon Pemkot Pekalongan sudah cukup baik khususnya di bidang Pendidikan selalu melampaui target, anak-anak sejak dini sudah diajarkan untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk  kepedulian sesama dan dan lingkungannya sebagai bentuk pendidikan karakter anak. Hal ini bisa dijadikan salah satu indikator bahwa insan pendidikan cukup peduli dengan keadaan sekitar dan merespon situasi. Lebih lanjut, Soeroso juga menghimbau agar seluruh unsur masyarakat, dan para stakeholder berpartisipasi dalam bulan dana yang digunakan untuk aksi kemanusiaan dan sosial.

 

Senada dengan Soeroso, Ketua PMI Kota Pekalongan, Dwi Arie Putranto menargetkan bulan dana PMI Kota Pekalongan mencapai Rp 500 juta. Dana dikumpulkan secara sukarela dari dharma bakti masyarakat, pelajar/mahasiswa, kendaraan/angkutan, OPD, BUMD/ Profesi, BUMN, dan kewirausahaan.

 

“Setiap tahun PMI menyelenggarakan bulan dana. Perolehan dana inilah untuk kegiatan di bidang kemanusiaan dan sosial dan untuk pendidikan, operasional kegiatan PMI dan lain-lain. Yang tahun ini, kalau kita boleh pakai target ya kita targetnya  lima ratus juta rupiah tapi sampai dengan hari ini tadi termonitor yang sudah disetor sekitar 351 juta , yang belum tadi Rp 25 jutaan sehingga jumlah total sebetulnya itu Rp 377 juta, jadi masih ada kurang sekian gitu” ucap Arie.

 

Menurut Arie, PMI Kota Pekalongan berkeinginan meningkatkan target bulan dana di tahun mendatang. Dalam rapat tersebut, pihaknya mengharapkan  masing-masing yang hadir dalam rapat dapat memaksimalkan usahanya sehingga dengan demikian bulan dana 2018 bisa tercapai dengan baik.

 

“Ada yg sudah mencapai target dibawah komando Kepala Dinas Pendidikan dan sudah over dan overnya itu sekitar kurang lebih enam persen bahkan beliau menyampaikan memungkinkan akan terjadi penambahan karena  sebagai bentuk kepedulian dari siswa sejak dini,” imbuh Arie.

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)