Buku Perjalanan Pemilu Kota Pekalongan Dibedah

Kota Pekalongan, Info Publik - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Lembaga Mitra Publik dan Demokrasi (Garasi) Kota Pekalongan menggelar Bedah Buku Dinamika Pemilu Legislatif Kota Pekalongan dari Masa ke Masa karya Basir SH di RM Masduki Kota Pekalongan, Selasa (16/10).

 

Hadir Pada acara tersebut saksi Pelaku Sejarah perjalanan Pemilu dari masa kemasa di Kota Pekalongan Mahmud Masykur dan Hanifah sebagai bahan referensi pembuatan buku, para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), ketua partai politik, tokoh masyarakat, dan organisasi pemuda di Kota Pekalongan. Bedah buku yang dimoderatori Ribut Achwandi ini menghadirkan narasumber dari pegiat sejarah, Much Dirhamsyah, dan penggiat budaya, Zaenal Muhibin.

 

Ketika membuka acara bedah buku, Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan mengapresiasi penulis buku Dinamika Pemilu Legislatif Kota Pekalongan, Basir SH. "Sebenarnya, Kota Pekalongan memiliki banyak potensi yang bisa digali, namun potensi tersebut harus dicatat dan dituliskan atau didiskripsikan, saya yakin Pak Basir membuat buku ini dengan penuh ketekunan," ungkap Budi. 

 

Menurut Budi, buku ini istimewa dan akan menjadi torehan sejarah dengan mendeskripsikan Pemilu di Kota Pekalongan untuk diteruskan ke generasi penerus. "Kaitan ini dengan dinkominfo adalah sama seperti mencatat dan mendokumentasikan perjalanan Kota Pekalongan, harapannya juga akan ada Inisiator yang mencatat terkait pendidikan, kesehatan, dan bidang lainnya," jelas Budi. 

 

Ketua Garasi, Dharwanto menyampaikan bahwa pihaknya mendukung terwujudnya pembangunan, peningkatan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan sumber daya manusia. "Selain itu, kami mendukung kelembagaan ekonomi, politik, hukum, sosial, dan Budaya masyarakat termasuk digelarnya bedah buku hari ini," paparnya. 

 

Dikatakan Dharwanto, lembaga mitra kami bekerja sama dengan Dinkominfo Kota Pekalongan sebagai langkah untuk membentuk jaringan kerja sama di berbagai bidang. "Pada bidang pendidikan demokrasi ini, bedah buku Dinamika Pemilu Legislatif Kota Pekalongan menjadi media diskusi dan belajar. Banyak ide di dalam lembaga kami, tentunya kami siap bekerja sama di bidang apapun," tukas Dharwanto. (Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)