Buku Industri Batik Pergulatan Tanpa Akhir di Launching

Kota Pekalongan, Info Publik - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinperpus) Kota Pekalongan kembali menerbitkan buku baru yang berjudul "Industri Batik Pekalongan: Pergulatan Tanpa Akhir" yang dilaunching pada Selasa (11/12) pagi di Museum Batik Kota Pekalongan. Ini merupakan buku keempat yang sukses diterbitkan oleh Dinas Kearsipan.

 

Tak serupa buku sebelumnya, buku "Pergulatan Tanpa Akhir" ini ditulis oleh putra daerah asli Kota Pekalongan, Achmad Ilyas. "Tumben ini yang nulis dari orang Pekalongan asli, karena buku-buku itu yang nulis bukan dari orang Pekalongan asli," ungkap Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz. 

 

Pihak Dinarpus Kota Pekalongan juga berterima kasih kepada penulis karena sudah bersedia menuliskan karyanya. "Kami berterima kasih kepada pak Achmad Ilyas selaku penulis," ujar Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Erli Nufiati. 

 

Erli menuturkan, peluncuran buku "Pergulatan Tanpa Akhir" tidak bisa terlepas dari eksistensi batik sendiri. "Batik menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, batik juga menjadi warisan budaya tak benda," tambahnya.

 

Walikota ikut berharap agar buku ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Pekalongan, terutama bagi anak muda. "Ini bisa menjadi khazanah kita bersama dan juga pengalaman. Sekaligus menambah kecintaan kita kepada Pekalongan, khususnya batik," terang Saelany. 

 

Saelany menghimbau kepada generasi penerus untuk tidak melupakan batik. "Mudah-mudahan generasi yang akan datang tidak melupakan batik, terutama sejarahnya," pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)