Buka Musda ke-1, Mas Aaf Terus Dorong Kinerja LKKS

Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) melaksanakan pertemuan Musyawarah Daerah (Musda) ke-1 Tahun 2023 selama 2 hari, Sabtu-Minggu,2-3 Desember 2023. Hadir membuka kegiatan Musda tersebut, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid yang berlangsung di Kusuma Hotel Bandungan, Kabupaten Semarang, Sabtu malam (2/12/2023). Turut hadir pula Ketua Umum LKKS Kota Pekalongan, Inggit Soraya, Wakil Ketua LKKS, Hk Istiqomah, Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi, serta segenap pengurus LKKS Kota Pekalongan.

Dalam acara Musda LKKS tersebut, Walikota Pekalongan yang akrab disapa Mas Aaf ini menyambut baik atas terselenggaranya Musda LKKS Kota Pekalongan yang ke-1 Tahun 2023. Mas Aaf juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada segenap LKKS, LKS, dan LKSA/LKS-LU yang selama ini telah membantu kinerja Pemerintah Kota Pekalongan dibawah kepemimpinannya bersama Wawalkot Salahudin. 

"Mereka ini para pejuang sosial, karena tidak digaji dengan anggaran yang terbatas. Namun, mereka mampu bekerja maksimal. Harapannya, di kepengurusan baru ini bisa saling mengisi dan menyukseskan program-program LKKS yang sudah digalakkan," ucapnya.

Mas Aaf terus mendorong LKKS agar senantiasa memaksimalkan kinerja sesuai kondisi kemajuan teknologi. Pihaknya berharap, dalam kepengurusan baru ini bisa bekerja lebih maksimal dan tetap sinergi bersama Pemerintah Kota Pekalongan.

"Intinya saling koordinasi dan komunikasi. Dengan anggaran terbatas saja, mereka sudah melaksanakan program kerja yang luar biasa. Tinggal, koordinasi, dan sinergi kepada dinas terkait maupun TAPD jika diperlukan tambahan anggaran hibah untuk LKKS. Kalau kinerjanya sudah bagus, kami menilai sudah layak untuk penambahan anggaran di Tahun 2024 agar lebih memaksimalkan lagi dalam menjalankan program-program kerja yang ada," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum LKKS Kota Pekalongan,Hj Inggit Soraya menjelaskan, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pekalongan adalah lembaga sosial koordinatif ditingkat Kota yang merupakan wadah koordinasi,konsultasi, fasilitasi, mediasi dan advokasi bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS/LKSA/LKS-LU) yang ada dan tersebar diwilayah Kota Pekalongan. Dimana, keberadaan LKKS Kota Pekalongan ini, dibawah pembinaan Walikota Pekalongan, akan tetapi diberikan peluang yang seluas- luasnya dalam pembangunan kesejahteraan sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, Pembangunan sosial pada pembangunan di bidang kesejahteraan hakikatnya manusia adalah Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya, yang sasarannya difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia, khususnya bidang kesejahteraan sosial yang sebaik baiknya serta penciptaan lingkungan sosial masyarakat yang sehat dan dinamis," terang Inggit.

Disampaikan Inggit,  bahwasanya dalam agenda Musyawarah Daerah 1 (MUSDA I) ini LKKS Kota Pekalongan, untuk Reorganisasi melakukan Kepengurusan, mengevaluasi Program kerja dan kegiatan selama Periode Kepengurusan Tahun 2019 2023. Inggit berharap, agenda MUSDA I ini nantinya dapat memilih dan merekrut orang orang, tokoh tokoh, atupun kader kader terbaik dari LKS/LKSA/LKS-LU yang akan masuk dan menjadi Kepengurusan LKKS Kota Pekalongan untuk Periode 2023-2028.

"Kedepan Kepengurusan LKKS Kota Pekalongan, kami harapkan benar benar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menghasilkan kebijakan-kebijkan dan kegiatan kegiatan yang dapat mendukung program Pemerintah, sesuai Visi Pemerintah Kota Pekalongan dalam Bidang sosial yaitu "Terwujudnya Layanan sosial di Kota Pekalongan yang Profesional khususnya yang berhubungan dan bersinergi dengan Dinas Sosial dan P2KB Kota Pekalongan," bebernya.

Lanjut Inggit menambahkan, melalui Agenda Kegaiatan MUSDA I ini juga diharapkan para peserta dan yang nantinya terpilih dapat menyusun dan Membuat Program Kerja serta Strategis untuk Tahun 2024.

"Kami juga harapkan melalui Agenda MUSDA I ini dapat meningkatkan Kapasitas Building bagi LKS/LKSA/LKS-LU yang Berbasis Masyarakat. Agenda MUSDA I ini tentunya tidak akan dapat berjalan dan terselenggara tanpa adanya dukungan dan support anggaran dari Pemerintah Kota Pekalongan Khususnya Dinas Sosial dan P2KB maka dari itu Saya selaku Ketua Umum LKKS Kota Pekalongan mengucapkan terima kasih atas dukungan supportnya dari Pemerintah dan Kota Pekalongan dalam Hal ini Dinas Sosial dan P2KB yang telah mensupport, menyiapkan seta menyediakan segala sesuatu untuk suksesnya kegiatan ini," tandasnya.