Buka Kejuaraan Catur Tingkat Kota, Walikota: Bangkitkan Gairah Olahraga Catur

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE, membuka Kejuaraan Lomba Catur Tingkat Kota Pekalongan yang diinisiasi oleh Aliansi Muda Mudi (AMK) Kota Pekalongan memperebutkan piala Forkompinca di Aula Kecamatan Pekalongan Timur, Senin sore (12/8/2019).
Dalam sambutannya, Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada segenap pengurus AMK dan pihak yang terlibat telah menginisiasi  pelaksanaan lomba catur ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-74.
 
“Kami berharap pelaksanaan ini memberikan semangat kepada atlet-atlet catur yang merupakan bibit-bibit potensial yang harus dibina. Harapannya melalui event ini dapat membangkitkan gairah olahraga catur yang ada di Kota Pekalongan,” ucap Saelany.
 
Menurut Saelany, ajang catur ini tidak hanya sekedar sebagai bermain olahraga catur untuk mengasah kecerdasan berpikir, melainkan sebagai ajang silaturahmi penggiat dan pecinta olahraga catur. Selain itu, ajang ini juga dapat mengajak generasi muda di Kota Pekalongan untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif.
 
Ditambahkan Wakil Walikota, HA Afzan Arslan Djunaid SE ajang ini menjadi suatu semangat untuk menggeliatkan olahraga catur Kota Pekalongan yang sempat vakum selama dua tahun lalu sehingga perlu adanya pembenahan dan sinkronisasi struktur kepengurusan Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Pekalongan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.
 
“Event ini bias menjadi pioneer untuk bersama berbenah kepengurusan Percasi dan menyinkronkan program dengan KONI untukmenyalurkan dana pembinaan, dana event ke luar kota dan pembinaan atlet. Atlet catur potensial ada, peminat kejuaraan pun juga sudah sangat tinggi, akan sayang jika ini tidak dibenahi kepengurusan dan sinkronisasi dengan KONI,” tegas Afzan.
Ketua penyelenggara, Agus Masrukh, menerangkan penyelenggaraan lomba catur tingkat Kota Pekalongan dengan mengambil motto Olahraga Menyatukan Semangat Berjuang dan Berkontribusi  dalam Mengisi Pembangunan Kota merupakan  sala satu visi misi AMK untuk membangkitkan prestasi olahraga dan mendukung program-program  pemerintah.
 
“Diikuti oleh total 112 peserta terdiri dari 36 pelajar, dan kategori untuk umum sebanyak 78 orang. Pelaksanaan dari tanggal 12-17 Agustus 2019. AMK bersama Pemkot turut berkontribusi untuk menyiapkan atlet-atlet bertalenta di Kota Pekalongan. Mereka akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan tabungan emas yang diberikan oleh Pegadaian Area Tegal.
 
Kepala Bidang Olahraga Disporapar Jateng yang mewakili Wakil Gubernur Jateng mengungkapkan sangat bangga dengan terselenggaranya acara kejuaraan catur tingkat kota ini sebagai upaya peningkatan peran dalam mengembangkan prestasi catur yang telah ada.
 
“Kami apresiasi dan sangat bangga kepada AMK yang telah memprakarsai kegiatan ini untuk memberikan semangat dalam melakukan pembinaan atlet-atlet catur. Hal ini juga sebagai unjuk kompetensi para atlet. Catur ini merupakan olahraga otak, meskipun dilakukan dengan duduk namun otak klita bekerja untuk memikirkan strategi dan melatih konsentrasi serta kesabaran tentunya,” jelas Agung