BPS Siapkan 199 PS untuk Sensus Offline

Kota Pekalongan - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan telah membuka rekrutmen Petugas Sensus Penduduk 2020 sampai dengan Selasa (11/8/2020). BPS Kota Pekalongan akan merekrut 199 Petugas Sensus (PS) untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 yang akan digelar 1-30 September 2020. Terhitung hari ini, Senin (10/8/2020) jumlah pendaftar sebanyak 400 lebih orang.

Hal ini diungkapkan Kepala BPS Kota Pekalongan, Drs Rahyudin MSi saat ditemui di kantornya. “Setelah kami tutup pendafataran ini kami akan seleksi secara online, nantinya akan ada tes dan wawancara yang kami targetkan selesai tanggal 14 Agustus sehingga tanggal 15 Agustus sudah dapat kami umumkan,” terang Rahyudin.

Lanjut Rahyudin menjelaskan bahwa 199 PS yang diterima sebelum diterjunkan untuk melaksanakan sensus akan dites rapid terlebih dahulu. Pasalnya saat ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Dalam pelaksanaan sesus, PS juga akan dibekali dengan face shield, masker, hand sanitizer, dan sebagainya sehingga protokol kesehatan tetap diterapkan.

“Pada Sensus Penduduk kali ini target sensus offline sebanyak 80 ribu KK di Kota Pekalongan. Yang kemaren telah mengisi secara online juga akan tetap didatangi. Secara online telah diisi Data Penduduk (DP) namun untuk hal-hal detail belum tercatat misalnya jumlah kamar mandi dan terkait penggunaan listrik,” jelas Rahyudin. 

Rahyudin berharap masyarakat Kota Pekalongan menyambut baik para PS, memberikan jawaban yang sebenar-benarnya saat pendataan agar hasil data dari sensus Penduduk 2020 valid.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)