BPBD Ingin Bentuk Kelurahan Tanggap Siaga

Kota Pekalongan - Menghadapi banjir rob di Kota Pekalongan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan ingin membentuk Kelurahan Tanggap Siaga menghadapi bencana. Ini agar masyarakat Kota Pekalongan paham betul apa yang harus dilakukan ketika menghadapi bencana seperti banjir dan rob.

Hal ini diungkapkan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Pekalongan, Saminta SPd saat dikonfirmasi di Setda Kota Pekalongan, Kamis (25/11/2021). "Di samping kegiatan fisik atau pembangunan infrastruktur, gerakan non fisik menghadapi banjir rob juga harus dimasifkan salah satunya melalui Kelurahan Tanggap Siaga," kata Saminta.

Saminta merencanakan awal tahun 2022 untuk mensosialisasikan Kelurahan Tanggap Siaga agar pola pikir masyarakat Kota Pekalongan paham akan cara menghadapi bencana. "Jadi nantinya di setiap kelurahan muncul orang-orang yang berjiwa relawan tinggi yang mampu berkoordinasi dan menggerakkan masyarakat untuk bergerak cepat," terang Saminta.

Menurut Saminta selama ini adanya laporan kejadian, informasinya kurang lengkap. Pasalnya yang diinformasikan ke BPBD hanya gambar dan titik lokasinya tidak dijelaskan. "Harapannya dengan adanya Kelurahan Tanggap Siaga nanti kejadian yang dilaporkan atau diinformasikan lengkap sehingga BPBD cepat dalam menindaklanjuti atau mengoordinasi instansi lain," jelas Saminta.

Saminta menyebutkan, misal saja kejadian pohon tumbang. Bukan hanya gambar yang dikirimkan namun juga titik lokasi pasti dan informasi lainnya. Ini agar BPBD juga jelas menyampaikan informasi ke PLN dan DLH.

Terkait dengan banjir, saat ini masih banjir dengan ketinggian 20-40 cm, karena pompa terus berjalan harapannya semakin surut. "Sejak Senin lalu banjir terjadi di Clumprit, kedua di Randujajar, dan jumlah pengungsi sebanyak 164 orang," tandas Saminta.

Dikatakan Saminta bahwa pihaknya mengikuti informasi dari BMKG yang prediksi puncak hujan nanti pada Desember. Namun kejadian atau kondisi real di Kota Pekalongan juga terus dipantau BPBD.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)