BPBD Imbau Masyarakat untuk Waspada Banjir Jelang Musim Hujan

Kota Pekalongan – Jelang memasuki musim hujan di bulan Oktober, Badan Penanggulangan Bencana Daeraj (BPBD) Kota Pekalongan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan bencana banjir di Kota Pekalongan. 

Kepala Pelaksana BPBD, Saminta SPd menyebutkan bahwa untuk tahun ini musim penghujan akan jatuh lebih awal dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Menurut informasi yang kita dapat, musim hujan yang biasanya terjadi pada pertengahan Oktober akan lebih cepat datang, mungkin 3 hari lebih cepat,” ungkap Saminta saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (13/10/2020).

Berdasarkan hal tersebut, pihak BPBD akan melakukan rapat koordinasi dalam persiapan menghadapi musim hujan bersama BPBD Jawa Tengah di Semarang. “Kita akan melakukan rapat pada hari Rabu tanggal 14 Oktober dengan BPBD Jawa Tengah. Pembahasannya tentang koordinasi dan langkah-langkah dan kebijakan yang harus diambil dalam menghadapi bencana banjir,” papar Saminta.  

Di sisi lain, pihak BPBD juga telah berupaya melakukan monitoring kepada sungai-sungai yang berpotensi meluap akibat hujan. “Petugas kami telah ada piket harian, setiap pagi, siang, dan sore untuk melakukan pengecekan dan pemantauan lingkungan, seperti sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir. Kita cek apakah ada tanggul yang bocor ataupun pecah agar dapat diperbaiki dengan cepat,” terang Saminta.

Saminta berharap masyarakat Kota Pekalongan waspada dalam menghadapi musim hujan ini. “Kita harus tetap waspada karena banjir dan rob dapat datang kapan saja,” tandas Saminta.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)