BPBD Fokuskan Evakuasi Masyarakat Terdampak Banjir

Kota Pekalongan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan tengah memfokuskan evakuasi masyarakat terdampak banjir hari ini, Jumat (19/2/2021). Pasalnya nyaris tiga minggu banjir menggenang sebagian wilayah Kota Pekalongan dan masih banyak masyarakat yang memilih untuk bertahan.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha SSos saat ditemui di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. "Banjir pagi ini nyaris masuk pekan ketiga, kami tengah memfokuskan untuk evakuasi. Evakuasi yang kami lakukan ini untuk meminimalkan risiko yang lebih besar," tandas Dimas.

Disebutkan Dimas bahwa evakuasi ini BPBD dibantu oleh SAR, relawan, TNI, dan Polri untuk memudahkan pencarian evakuasi masyarakat yang masih tergenang. "Kami mendapat informasi bahwa di Kandang Panjang ada dua titik yang harus kami bantu evakuasi yakni lansia dan balita beserta ibunya. Rencana usai dievakuasi akan diungsikan ke tempat pengungsian terdekat yang disediakan pemerintah," terang Dimas.

Menurut Dimas, evakuasi yang dilakukan BPBD ini untuk meminimalkan risiko dampak masyarakat. "Jika selama ini betahan di wilayah mereka dan tak mampu lagi untuk bertahan agar menghubungi kelurahan, kecamatan, atau kami BPBD untuk dibantu evakuasi," papar Dimas.

Dituturkan Dimas selama ini evakuasi diprioritaskan untuk orang-orang rentan yakni wanita, ibu menyusul, balita, lansia, dan orang sakit yang membutuhkan bantuan evakuasi.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)