BI Tegal Siapkan Rp5,05 Triliun Stok Uang Lebaran

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal menyiapkan uang pecahan untuk stok penukaran uang persiapan ramadan dan lebaran tahun 2023 sebesar Rp5,05 triliun. 

Hal ini diungkapkan Kepala KPwBI Tegal, Taufiq Amrozy dalam Press Rilis Persiapan Penukaran Uang Baru Idul Fitri 2023, Sabtu (18/3/2023). 

Menurutnya, BI Tegal telah berkoordinasi dan melakukan kalibrasi ulang ke perbankan sejak awal tahun. Hasilnya, sesuai kebutuhan masyarakat kebutuhan uang lebaran mengalami kenaikan hingga Rp300 miliar lebih dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,7 triliun. 

"Kami sudah siapkan jumlah total dan pecahannya. Sebagian di antaranya yang dinanti masyarakat pecahan uang kecil Rp20 ribu ke bawah. Pecahan kecil sangat diminati masyarakat saat lebaran maka BI Tegal menyiapkan pecahan uang kecil Rp20 ribu ke bawah sebesar Rp480 miliar. Jumlah ini naik dibanding tahun lalu hanya Rp423 miliar," beber Taufiq. 

Disebutkan Taufiq, BI Tegal sudah melakukan koordinasi sejak awal tahun. Kami lakukan kalibrasi ulang ke perbankan untuk melihat dan menyesuaikan lagi kebutuhan masyarakat. "Kami akan sebar ke 70 titik penukaran uang dan launching secara bersamaan se-Jawa Tengah pada Senin, 27 Maret 2023 ini. Tahun lalu kami lakukan di Tegal, sekarang ke Kota Pekalongan," jelas Taufiq.