Bersama Dindik, Bunda PAUD Kawal Transisi PAUD-SD Menyenangkan

Perluasan gerakan program Merdeka Belajar Episode ke-24 terkait Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, terus digenjot oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan (Dindik) setempat, salah satunya dengan mengoptimalkan peran bunda PAUD serta menyasar orang tua. 

Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya dalam kegiatan parenting transisi PAUD-SD pada Sabtu (17/6/2023) di aula B kantor Dindik setempat mengatakan bahwa Bunda PAUD Kota, Kecamatan dan Kelurahan sangat berperan penting dalam menyebarluaskan pemahaman penerapan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan. 

Disampaikan Inggit sejumlah upaya intervensi terus dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait seperti HIMPAUDI dan IGTKI. Lanjutnya ada 3 target fokus yang harus diimplementasikan dalam proses transisi PAUD-SD ini antara lain meniadakan tes calistung pada PPDB SD, melaksanakan masa perkenalan lingkungan sekolah minimal selama 2 minggu dan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan. 

"Kita sama-sama berusaha menggencarkan sosialisasi, lebih cepat tersebar maka akan lebih banyak yang tahu dan paham kemudian goals nya ketika anak masuk SD gerakan tersebut sudah terimplementasi dengan baik," katanya. 

Menurutnya, gerakan tersebut diinisiasi untuk memastikan hak anak dalam mendapatkan pembelajaran efektif dan menyenangkan sejak berusia dini,  sehingga belajar bukan beban, tapi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak anak sehingga harus dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari orang tua, guru, hingga kepala sekolah.