Berhasil Juarai Jambore Ranting, SD PW 01 Melaju ke Kwarda 11 Jateng

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Panjang Wetan (PW) 01 Kota Pekalongan berhasil keluar menjadi pemenang Juara 1 Jambore Ranting Pramuka Penggalang SD dan MI Tahun 2023 tingkat Kecamatan Pekalongan Utara pada Peringatan Hari Pramuka Tahun 2023 pada 12-14 Agustus 2023 yang digelar di Lapangan Palapa Kota Pekalongan.

Kepala Sekolah (Kepsek) SD PW 01 Pekalongan, Mustofa mengaku bersyukur bahwa, sekolah yang dipimpinnya, yakni SD PW 1 baik regu putra dan putrinya bisa berhasil menjadi juara 1 Jambore ranting tingkat Kecamatan Utara mengalahkan total peserta 27 regu putra dan 29 regu putri di SD/MI sederajat yang ada di Kecamatan Pekalongan Utara., dr seleksi tsb semua menang juara 1.

"Kemarin saat pelaksanaan
Jambore Ranting tingkat Kecamatan Pekalongan Utara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62 dari tanggal 12-14 Agustus 2023, SD kami berhasil menjuarainya baik regu putra dan putri. Kami mengirimkan setiap regu 10 orang baik putra dan putri," ucapnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (18/8/2023).

Menurutnya, pencapaian prestasi muridnya ini sangat membanggakan. Pasalnya, dari pencapaian ini, informasi dari panitia Kwarcab Pekalongan, pemenang akan diikutsertakan ke kegiatan lomba serupa di Jambore daerah tingkat Kwarda 11 Provinsi Jawa Tengah di Ambarawa sekitar akhir September atau awal Oktober 2023.

"Karena, biaya yang  terbatas, masing-masing juara 1,2,3, dan 4 akan diambil masing-masing 2 orang untuk mewakili Kota Pekalongan ke Kwarda Provinsi Jawa Tengah. Untuk persiapan ke tingkat Jawa Tengah, mereka akan melakukan latihan gabungan yang dilatih oleh Kwarcab Pekalongan biasanya di sanggar pramuka," terangnya.

Ditambahkan pembina pramuka SDN PW 01 Pekalongan, Dwi Ayu Setianingsih mengatakan bahwa, pencapaian muridnya ini tidak terlepas  dari kerja keras dan latihan rutin selama ini yang ditunjukkan oleh para anak didiknya.

"Pelaksanaan jambore kemarin selama 3 hari yang diisi dengan kegiatan lomba senam, seni tari, web cam (smartpohone, yel-yel merayap, PBB), keterampilan dari bahan bekas, dan karnaval budaya memakai baju adat. Harapan kami, di lomba Jambore Kwarda 11 Provinsi Jawa Tengah, anak-anak didik kami bisa  memberikan hasil yang terbaik untuk Kota Pekalongan," pungkasnya.