Berdayakan Peran, Perempuan Harus Cerdas dan Terus Bergerak di Masa Pandemi

Kota Pekalongan – Di era modern dan pandemi, perempuan diharapkan menjadi sosok yang kuat, berdaya, mandiri, cerdas, dan terus bergerak menghasilkan ide dan kreativitas. Sehingga, tak jarang para perempuan memiliki peranan ganda atau multiperan sekaligus menjadi bagian dalam mewujudkan pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya SSn usai talkshow Memperingati Hari Kartini ke-143 Tahun 2021 “Jadilah Perempuan Tangguh dan Menginspirasi” bertempat di Studio I LPPL Batik TV, Rabu (21/4/2021).

Ia menyampaikan, walaupun perayaan di tahun ini tidak digelar secara seremonial, mengingat masih dalam suasana pandemi tetapi hal tersebut tentu tidak mengurangi makna perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi, kesetaraan gender, derajat dan hak perempuan.

“Sayang sekali jika perjuangan Kartini harus berhenti. Kita sebagai perempuan harus terus bergerak kreatif, inovatif, dan menginspirasi sesama perempuan sehingga menghasilkan sesuatu yang produktif dan bermanfaat. Saat ini, produktif tidak harus dilakukan ke luar rumah. Tetapi dengan pemanfaatan teknologi, para perempuan juga bisa berdaya dan produktif dari rumah,” paparnya.

Pihaknya juga mendorong kaum perempuan untuk multitasking dan multiperan. Bukan hanya mengutamakan keterampilan saja, melainkan tetap menempatkan dirinya sebagai perempuan yang harus membina keluarga dan mendidik putra-putrinya. Menjadi Ibu yang memiliki kewajiban meluruskan jiwa dan semangat juang Kartini kepada generasi penerus bangsa.

“Kuncinya harus bersyukur, ikhlas, dan tidak meninggalkan perannya sebagai perempuan karir dan seorang ibu. Tentunya semua peran tersebut harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab,”imbuh Inggit.

Ditambahkan Ketua I TP-PKK, Hj Istiqomah Amk, perempuan adalah madrasah pertama bagi keluarga dan anak-anaknya. Sehingga, untuk melanjutkan perjuangan RA Kartini, perempuan harus tangguh dan menginspirasi sehingga dapat meningkatkan peran dan fungsi seorang wanita.

 “Jadilah perempuan yang tangguh, menginspirasi dan kuat untuk sesama perempuan lainnya. Karena masih pandemi, menjaga kesehatan dan menerapkan prokes tidak boleh dilupakan. Sebab anda semua adalah pahlawan di keluarga dan tempat masing-masing ,”pungkasnya.

Secara terpisah, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE mengucapkan selamat Hari Kartini khususnya bagi kaum perempuan Kota Pekalongan. Menurutnya, peran perempuan saat ini tidak hanya di rumah saja, tetapi bisa ikut andil memberikan kontribusi bagi pembangunan Kota Pekalongan.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)