Bekali Perhutani, BPBD Berikan Simulasi

Kota Pekalongan, Info Publik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan berikan Sosialisasi Penanganan Bencana kepada Polisi Perhutani, di Kantor Perhutani Kota Pekalongan pada Rabu (19/12). Ini merupakan langkah dari BPBD guna membekali Polisi Hutan dalam penanganan bencana. Mengingat posisi kerja mereka tidak sama dengan polisi lalu lintas, dan lainnya. Polisi Hutan harus mampu menangani bencana ketika berada di Hutan.

 

Acara ini dihadiri oleh 30 peserta dari polisi perhutani. Tidak hanya dari Kota Pekalongan, tapi juga ada dari luar, seperti Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan. Untuk narasumbernya, selain BPBD ada juga dari Polres Kabupaten dan KPH Pekalongan Timur.  Kegiatan ini meliputi materi dan praktik langsung evakuasi. 

 

"Nanti simulasi di lapangan dan juga di ruangan, " terang Arif Mahanani, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekalongan. Sosialisasi ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas polisi perhutani. "Dari polisi perhutani menyadari kapasitas SDM nya untuk penanganan bencana belum ada," jelas Arif. Oleh sebab itu, acara terlaksana untuk pertama kalinya. 

 

Dalam acara tersebut, BPBD menyampaikan beberapa cara penanganan bencana. Terutama penanganan ketika ada gempa atau longsor. Jadi saat muncul gejalanya, nanti harus seperti apa. Disamping itu, ini pun bisa menguntungkan BPBD, karena semakin banyak orang yang bisa mencegah korban bergelimpangan banyak. Seperti halnya ketika ada kebakaran, BPBD juga menjelaskan bagaimana harusnya memadamkan api dari titik awal. "Ini juga menguntungkan, karena semakin banyak yang tahu penanganan bencana, semakin sedikit korbannya," jelas Arif. 

 

(Tim Info Publik, Kominfo Pekalongan)