Bawaslu Luncurkan dan Bedah Buku Meneropong Pengawasan Pemilu

Kota Pekalongan - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekalongan meluncurkan sebuah buku sejarah Bawaslu Kota Pekalongan yang berjudul Meneropong Pengawasan Pemilu dan Pilkada Kota Pekalongan Era 2004-2023. Selain diluncurkan buku ini juga dibedah bersama di Kantor Bawaslu Kota Pekalongan, Kamis (11/8/2022).

Kepala Bawaslu Kota Pekalongan, Sugiharto mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini yang pertama untuk launching buku sejarah Meneropong Pengawasan Pemilu dan Pilkada Kota Pekalongan Era 2004-2023. "Kami ingin mencatat perjalanan Bawaslu, ada sesuatu yang harus kami dokumentasikan dan catat dalam bentuk tulisan," terang Sugiharto.

Sugiharto berharap buku sejarah ini tak hanya tergeletak di rak buku tetapi buku ini berguna bagi generasi muda Kota Pekalongan. "Kalau ingin mengetahui perkembangan mulai dari Panwaslu 2004 sampai Bawaslu 2023 melalui buku ini sedikit banyak hal- hal di dalamnya dapat dijadikan pembelajaran seperti bagaimana tugas dan kewenangan Bawaslu sampai apa yang dilakukan oleh Bawaslu," beber Sugiharto.

Menurut Sugiharto, Bawaslu merupakan bagian dari badan publik. Tentu informasi terkait Bawaslu perlu disampaikan ke masyarakat sehingga buku ini menjadi literasi dan referensi. "Buku ini kami persembahkan untuk masyarakat kota Pekalongan, semoga semakin bermanfaat," tukas Sugiharto.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)