Bawaslu dan Pemkot Pekalongan Sinergi Awasi Pemilu

Kota Pekalongan, Info Publik - Seluruh masyarakat sebagai pemangku kepentingan utama dalam pemilihan umum (pemilu) harus bersikap netral dan profesional, mempunyai kesadaran yang tinggi untuk melaksanakan haknya sebagai pemegang kedaulatan di negara Indonesia. Upaya untuk mensosialisasikan kenetralan ini terus dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekalongan dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sosialisasi Dengan Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat di Hotel Dafam, Selasa (4/12). 

 

Pihak Bawaslu Porvinsi Jawa Tengah, Rofiudin mengungkapkan bahwa pemilu menjadi momentum penting bagi bangsa, masyarakat harus terlibat aktif dalam pemilihan. “Saat ini sudah tahapan kampanye, masyarakat harus ikut mengawasi seperti tempat yang dilarang untuk kampanye dan potensi yang merusak proses demokrasi harus kita cegah,” tutur Rofiudin.

 

Menurutnya, sinergitas keterlibatan masyarakat dalam mengawasi pemilu ini bisa ikut dalam kelompok pemantau pemilu, registernya di Bawaslu. “melalui sosialisasi ini kami dorong masyarakat agar terlibat dalam pemilu, mencegah dan melapor apabila ada indikasi pelanggaran,” tegas Rofiudin.

 

Bambang Sukoco selaku Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Kota Pekalongan menekankan bahwa dalam masa kampanye ini masyarakat harus jeli mengawasi. Lembaga pendidikan tidak boleh digunakan sebagai tempat kampanye. “Upaya penguatan lembaga terus kami lakukan seperti mensosialisasikan ke masyarakat serta mengubur hoax, ujaran kebencian, money politik, dan kampanye hitam,” papar Bambang.

 

Sementara Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih sebagai narasumber mengajak ASN untuk bersikap netral dan ikut mengawasi jika terjadi pelanggaran dalam pemilu. “Saya juga imbau untuk para ASN untuk tidak mengajak, mengancam, mempromosikan, dan mempengaruhi hak pilih orang lain,” ungkap Sri Ruminingsih.

 

Dikatakan Sri Ruminingsih, ASN harus mampu menyikapi pemilu dengan bijak serta harus berjalan pada aturan. “Mari bersama-sama sinergi dengan Bawaslu, tetap netral dan gunakan hak pilih kita,” katanya.

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)