Bangun Sinergitas, Pemkot Jalin Silaturahmi dengan Ulama dan Kyai

Kota Pekalongan - Guna membangun sinergitas dengan ulama dan kyai, Pemerintah Kota Pekalongan menghelat kegiatan Silaturahmi Ulama/Kyai/Nyai Bersama Walikota dan Wakil Walikota serta Penyerahan Honorarium Catur Wulan II Tahun 2022 di Guest House Rumah Dinas Walikota, Kamis malam (6/10/2022)

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE hadir bersama Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Soesilo SH, dan Kepala Bagian Kesra, Mahbub Syauqi SH.

Menurut Walikota Aaf, sapaa akrabnya, silaturahmi perlu dilakukan agar jalinan sinergitas antara pemerintah kota dan ulama/kyai terus terjalin, pemerintah memerlukan masukan-masukan para kyai dan ulama perihal keagamaan maupun problem sosial guna meningkatkan pembangunan di Kota Pekalongan.
 
"Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Pekalongan ingin membangun komunikasi yang baik bagi para kyai dan ulama. Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan kami sangat mengapresiasi kehadiran para kyai dan ulama dalam silaturahmi pada malam hari ini. Semoga silaturahmi ini dapat membawa keberkahan bagi Kota Pekalongan," tandas Aaf,

Sementara itu, Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP menambahkan, Walikota Pekalongan dan dirinya masih melanggengkan budaya silaturahmi dengan para ulama dan Kyai. "Hal ini karena silaturahmi menjadi salah satu pilar untuk memajukan masyarakat Kota Pekalongan karena bersama dengan para ulama, ilmu dari para ulama/umaro/ahli/TNI/Polri ini bagian yang tak terpisahkan," ujar Salahudin.

Disebutkan Salahudin bahwa sebelumnya ada 32 penerima dan pada periode ini dapat ditingkatkan menjadi 92 Kyai/Nyai. "Beliau telah membimbing masyarakat, mengajarkan mengaji secara rutin. " Harapannya doa dari mereka dapat memudahkan tugas pemerintah dalam menyejahtrerakan masyarakat, memberi rasa aman, serta menyelesaikan permasalahan yang selama ini belum terselesaikan yakni masalah rob," terang Salahudin.

Kepala Bagian Kesra, Mahbub Syauqi SH menjelaskan, Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan silaturahmi bersama dengan Ulama/Kyai/Nyai ini sekaligus penyerahan honor catur wulan II. "Ada 92 Kyai/nyai masing-masing mendapatkan Rp1.140.000. Alhamdulillah pada momen ini juga kami serahkan secara simbolis hibah kepada 4 lembaga keagamaan baik masjid/pesantren," beber Mahbub.

Disampaikan Mahbub bahwa pencairan hibah ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam hal peningkatan masalah keagamaan."Semoga Pemkot Pekalongan dan Ulama/Kyai/Nyai dapat bersinergi membangun Kota Pekalongan lebih baik lagi," pungkas Mahbub.