Bangun Mental Kerja, Dinperinaker Latih Para Pencari Kerja

Kota Pekalongan - Guna menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan gencar menyelenggarakan pelatihan. Salah satunya yakni sosialisasi dan pelatihan bagi para pencari kerja atau alumni SMK-SMK di Kota Pekalongan.

Melalui pelatihan ini, Dinperinaker ingin membangun mental kerja para pencari kerja agar siap ketika memasuki dunia kerja. Para pencari kerja diberikan informasi kaitannya dengan lowongan dan kiat-kiat mendapatkan pekerjaan.

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso MSi (SBS) mengungkapkan bahwa  saat ini ekonomi mulai pulih pasca pandemi. "Kami ingin menurunkan angka pengangguran di Kota Pekalongan sehingga bisa meningkatkan produktivitas daerah. Berbagai kegiatan sudah boleh dilakukan, industri kembali berjalan, dan peluang usaha semakin terbuka, saya berharap para pencari kerja memanfaatkan kesempatan ini," terang SBS saat memberi pengarahan di SMKN 2 Pekalongan, Jumat (19/8/2022).

Ditekankan SBS agar para peserta pelatihan yang tengah bersiap memasuki dunia kerja ini semakin siap. Kendati demikian, pencari kerja tak selalu harus bekerja di perusahaan tapi bisa berwirat sendiri. "Pada usia muda ini manfaatkanlah kesempatan untuk memulai usaha, bekerja mengumpulkan modal usaha, atau berkarir menjadi profesional," kata SBS.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Pekalongan, Drs Sukowati menyampaikan terima kasih kepada Dinperinaker Kota Pekalongan yang telah hadir memberikan pencerahan kepada para alumni di SMKN 2 Pekalongan. "Kami berharap ini dapat bermanfaat bagi para alumni. Ini kesempatan luar biasa untuk meninyiapkan mental kerja para alumni," tandas Sukowati.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)