Bangun Masyarakat Produktif, Pemkot Bekali Keterampilan Kriya Rajut

Puluhan masyarakat mengikuti pelatihan keterampilan kriya berupa rajut yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) setempat, 28-30 Agustus 2024, berlangsung di hotel Dafam Kota Pekalongan. 

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid usai membuka pelatihan kriya, Rabu (28/8/2024) menjelaskan bahwa disamping batik, perikanan, pihaknya masih mendorong potensi lain yang ada di Kota Pekalongan salah satunya kriya atau kerajinan. 

Dalam kesempatan tersebut, Aaf sapaan Walikota Pekalongan memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk mengembangkan pengetahuan yang didapat saat pelatihan, menurutnya berbagai profesi dan gender sangat berpeluang menekuni industri rajut.

“Pelatihan kriya rajut ini akan diisi oleh Kavera yang rupanya sudah eksis sejak 2017 secara mandiri menggeluti seni merajut, dia juga sudah sering mengikuti pelatihan dan pameran di luar kota, sehingga kita gandeng untuk menjadi narasumber di pelatihan ini. Karena disini yang diberikan adalah ilmu dasar artinya peserta harus bisa berkreai dan menggembangkan setelah mendaptakan ilmu dari pelatihan ini. Kembangkan kemudian pasarkan lewat online, saya yakin ketika ada kemauan bisa jadi peluang yang besar,” ujar Aaf.

Sementara itu, Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Supriono melalui Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Nugroho Hepi Kuncoro menyebutkan sebanyak 33 orang dari seluruh kota Pekalongan mengikuti pelatihan keterampilan kriya. Mereka merupakan beberapa masyarakat yang diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di masing-masing kelurahan.

“Karena yang hadir ini dari DTKS pemerlu pemberdayaan sosial jadi mereka betul-betul pemula, harapannya hal ini bisa memberikan dampak baik untuk para peserta, membekali mereka dengan ilmu dasar merajut untuk bisa dikembangkan agar kehidupannya lebih sejahtera,” tukasnya.

Selain kriya rajut, Dindagkop-UKM Kota Pekalongan juga memberikan pelatihan barista dan pembuatan kue. 

(DINKOMINFO KOTA PEKALONGAN)