Bangun Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan, DWP Gelar Lomba Handicraft Berbahan Daur Ulang

Masih dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pekalongan menggelar kegiatan Lomba Handycraft Merangkai Bunga Meja dari Bahan Daur Ulang yang diikuti oleh 26 unsur pelaksana Unit Dharma Wanita se-Kota Pekalongan di Gedung Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jalan Bahagia Kota pekalongan, Selasa (20/8/2019). Kegiatan ini untuk membangun kreativitas dan kepedulian anggota DWP terhadap lingkungan Kota Pekalongan.

 

Isteri Wakil Walikota Pekalongan, Hj Inggit Soraya turut hadir dan mengapresiasi lomba handycraft yang digelar DWP Kota Pekalongan. Menurutnya kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan, penggunaan bahan daur ulang sangatlah tepat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. “Ditambah lagi jika keterampilan ini dapat dikembangkan oleh para anggota sehingga bisa menambah pengahasilan,” kata Inggit.

 

Menurut Sekretaris DWP Kota Pekalongan, Nur Saimah pemanfaatan bahan daur ulang untuk kerajinan merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Bahan daur ulang selain mudah didapat juga harganya murah, hasil keterampilan dari daur ulang bahkan bisa meningkatkan nilai ekonomi produk kreativitas bahan daur ulang. “Kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan kreativitas DWP di 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan agar memanfaatkan barang-barang yang tak terpakai di lingkungannya. Seperti plastik, botol plastik, dan koran bekas dapat dibuat bunga-bunga untuk hiasan yang mempercantik meja,” tutur Saimah.

 

Setiap kelompok mengkreasikan rangkaian bunga meja dengan berbeda, bahan yang mereka gunakan juga beragam. Tak hanya plastik, botol plastik, dan koran bekas, berbagai bahan daur ulang lainnya turut dimanfaatkan seperti kabel bekas, stik es krim, dan sebagainya juga dimanfaatkan. “Dari 34 unsur pelaksana DWP di Kota Pekalongan, ada 26 yang berpartisipasi dan diambil Juara I, II, dan III serta Harapan I, II, dan II,” jelas Saimah.

 

Juara Lomba Handycraft Merangkai Bunga Meja dari Bahan Daur Ulang yakni, Juara I DWP Kecamatan pekalongan Utara, Juara II Sekretariat Daerah, Juara III, DWP DPMPPA, Harapan I DWP Satpol PP Kota Pekalongan, Harapan II DWP Dinparbudpora, dan Harapan III, DWP Inspektorat Kota Pekalongan.

 

“Ke depannya kami akan menggelar lomba lain yang dapat meningkatkan keterampilan anggota. Usai kegiatan ini karya dari yang juara akan kami ikutkan dalam Pameran Inovasi dan Kreativitas pada September 2019. Bagi para anggota yang ingin mengembangkan kreativitasnya dalam membuat rangkaian bung ajika ingin dijual akan kami fasilitasi,” tandas Saimah.