Bangkitkan Semangat Profil Pelajar Pancasila Melalui Kebhinekaan

Semarak dan penuh semangat, begitulah suasana pelaksanaan gelar karya Proyek Penguatan  Profil Pelajar Pancasila yang digelar oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) Medono 07 Kota Pekalongan, berlangsung di Halaman SDN Medono 07 setempat, Kamis (8/12/2022). Gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa observasi belajar dari lingkungan sekitar sesuai dengan tema kurikulum merdeka. Kali ini tema yang diusung dalam gelar karya P5 ini adalah Bhineka Tunggal Ika "Ayo Bergerak Bersama" untuk membangun dimensi profil pelajar pancasila berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan, Zainul Hakim melalui Kepala Bidang SD pada Dindik setempat, Unang Suharyogi yang hadir menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan gelar karya P5 semester 1 tahun ajaran 2022/2023 yang diselenggarakan oleh keluarga besar SDN Medono 07 Kota Pekalongan pada hari ini. Mengingat, sekolah ini merupakan salah satu pelaksana sekolah penggerak di Kota Pekalongan angkatan pertama.

"Ini tahun kedua penyelenggaraannya yang melibatkan kelas 1, 2, 4 dan 5. Mudah-mudahan, ketika sudah melaksanakan yang kedua kalinya akan lebih baik dan lebih sempurna sesuai arahan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbudristek RI," ucap Unang.

Menurutnya, selama 2 tahun ini sekolah penggerak yang sudah dilaksanakan di Kota Pekalongan telah banyak perkembangan dan kemajuan terutama dari sisi kemampuan peserta didik, karakter/pengembangan diri dan sebagainya. Disampaikan Unang, bahwa Kurikulum Merdeka ini berpusat pada potensi peserta didik yang berdampak positif pada semangat belajar anak khususnya di era pandemi Covid-19.

"Ini membangkitkan semangat belajar peserta didik baik di dalam maupun di luar kelas. Dimana kita ketahui bersama bahwa anak-anak belajar di lingkungannya, belajar secara kontekstual dan berkolaborasi sesama peserta didik yang lain dan serta kompak. Kebanggan juga dirasakan oleh guru dan orang tua yang hadir," tegasnya.

Kepala Sekolah SDN Medono 07 Kota Pekalongan, Ayu Mega Wulandari mengaku bersyukur bahwa, pelaksanaan gelar karya P5 yang digelar keluarga besar SDN Medono 07 ini bisa berjalan lancar. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai puncak perayaan beberapa kegiatan project yang sudah dilaksanakan peserta didik  selama satu semester tahun ajaran 2022/2023. 

"Adapun dalam kegiatan ini, kami berupaya menekan anak-anak memiliki karakter profil pelajar pancasila diantaranya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memunculkan sikap untuk  berkebhinekaan global, mampu bersikap kreatif atau memunculkan ide baru," terang Ayu.

Lanjutnya, Ayu berharap gelar karya tema berikutnya, anak-anak SDN Medono 07  tetap memiliki karkater yang sudah ditanamkan sebagai bekal kehidupan mereka kelak. Pihaknya menyebutkan, dalam gelar karya ini, anak-anak didik menampilkan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif yang menunjukkan kebhinekaan sesuai tema yang diusung, diantaranya menari tradisional, menyanyikan lagu-lagu daerah, seni karawitan, dan mendisplay hasil gambar baik cetak maupun gambar digital sesuai bakat dan minat mereka.

"Yang lebih esensi dari kegiatan gelar karya ini adalah anak-anak tetap bisa menanamkan jiwa karakter yang telah dilaksanakan salam kegiatan project sebagai bekal mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi," pungkasnya.