Bagaimana alur penanganan #COVID19

PIC penenganan Covid-19 dr Budi Santoso menjelaskan alur penanganan Covid-19 di RSUD Bendan Kota Pekalongan ada dua yakni yang datang dari IGD langsung, dan poli rawat jalan. Mengenai alur dari IGD, pasien langsung masuk ke IGD langsung diperiksa dokter dan perawat melalui tanya jawab, jika ditemukan ada yang pilek, demam, apalagi ada sesaknya dan suhunya 38 derajat (di RSUD Bendan suhunya minimal 37,5 derajat). Begitu ditemukan, pasien diberikan masker bedah oleh perawat dan dimasukkan ke ruang isolasi.

“Petugas dokter masuk ke ruang isolasi dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan masker N85 melakukan pemeriksaan. Jika dari hasil tanyaan pasien pernah berkunjung ke negara atau daerah yang terdiagnosis corona langsung diperiksa laboratorium, radiologi, rontgennya. Kemudian dari pemeriksaan tersebut ditemukan pneumonia langsung dirujuk ke rujukan utama,” papar Budi.

Pasien yang datang melalui poli begitu diperiksa dicurigai ke arah covid, pasien langsung diberi masker bedah dan dibawa ke IGD dengan alur sama seperti tadi.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)