Atasi Genangan Banjir dan Rob, Pemkot Bangun 3 Rumah Pompa di Kampung Bugisan

Kota Pekalongan - Untuk menata sekaligus mengurangi genangan banjir dan rob di Kawasan Permukiman Kampung Bugisan, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Pemerintah Kota Pekalongan membangun rumah pompa di 3 titik di wilayah tersebut, salah satunya rumah pompa yang berada di dekat Jembatan Sungai Lodji. Untuk memastikan pekerjaan fisik rumah pompa tersebut berjalan sesuai perencanaan, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid bersama jajarannya melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pembangunan rumah pompa Kampung Bugisan, Selasa siang (27/8/2024).

Walikota yang akrab disapa Mas Aaf tersebut mengungkapkan bahwa, pembangunan rumah pompa yang ada di Kampung Bugisan progressnya sudah mencapai 14 persen dari target  8 persen atau lebih cepat 6 persen. Ia berharap, pembangunan rumah pompa itu bisa selesai pada Bulan Desember sebagaimana target penyelesaiannya.

"Sehingga, ketika sudah jadi bisa mengatasi banjir di wilayah Kampung Bugisan dan sekitar. Saat ini pun Alhamdulillah di wilayah Bugisan sudah kering dan kondusif dimana sebelumnya warga disitu bertahun-tahun sudah sering dilanda banjir dan rob,"ucapnya.

Menurutnya, pembangunan rumah pompa ini semakin memperkuat dan memaksimalkan sistem pengendalian banjir dan rob di Kota Pekalongan. Pihaknya berharap, ketika rumah pompa ini sudah jadi bisa bermanfaat untuk warga setempat dan diharapkan mereka ikut mengawasi dan memelihara keberlangsungan rumah pompa tersebut. Sebab, saat ini banyak daerah sangat bergantung pada rumah pompa ketika wilayahnya terdampak banjir dan rob.

"Jadi, warga harus ikut mengawasi dan memelihara bersama-sama rumah pompa tersebut. Sejauh ini pekerjaan fisik pembangunan-pembangunan di Kota Pekalongan rata-rata menunjukkan progress yang memuaskan dan lebih cepat dari target. Hal ini menunjukkan adanya keprofesionalitasan penyedia jasa konstruksi. Yang terpenting adalah tepat waktu, tepat mutu dan tepat administrasi,"tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Administrasi Pembangunan (PBJ Minbang) Setda Kota Pekalongan, Slamet Mulyadi menerangkan, untuk pembangunan rumah pompa air di Kampung Bugisan ada progress 6 persen lebih cepat dari target. Untuk waktu pelaksanaannya terus dikebut sebelum musim penghujan tiba. Ketiga rumah pompa yang ada di Kampung Bugisan itu terdiri dari 2 rumah pompa di dalam kampung dan 1 rumah pompa di luar kampung (dekat dengan Jembatan Sungai Lodji).

"Untuk rumah pompa yang ada di dalam Kampung Bugisan terkoneksi juga dengan pekerjaan-pekerjaan fisik pengendalian banjir dan rob di wilayah tersebut secara komprehensif seperti pekerjaan saluran, drainase, air bersih, dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Dana untuk pembangunan rumah pompa yang di luar Kampung Bugisan sebesar Rp1,1 Milliar dengan kapasitas 1 unit pompa 150 liter per detik. Pekerjaan targetnya selesai Bulan Desember 2024,"pungkasnya. (Dian)