ASN Purna Tugas Diminta Tak Berhenti Berkarya

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melepas 18 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa purna tugas per 1 Februari 2022 dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT)  dari PT Taspen. Penyerahan SK dan THT tersebut secara simbolis dilakukan oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, SE, didampingi Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, STP, Kepala Taspen Cabang Kota Pekalongan, Harini, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Ir. Anita Heru Kusomorini, MSc, bertempat di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Rabu (26/1/2022).

Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, STP menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada para ASN yang purna tugas yang telah mengabdi dan membantu pemerintah berpuluh-puluh tahun dalam membangun Kota Pekalongan. Menurutnya,pengabdian mereka selama ini begitu panjang dan sangat luar biasa di berbagai bidang yang telah ditekuninya. 

Lanjutnya, purna tugas merupakan awal untuk berkiprah secara penuh dalam kehidupan bermasyarakat. Pasalnya, berbekal pengalaman yang dimiliki selama menjadi ASN, pegawai yang pensiun dapat mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, melalui peran aktif dimasyarakat setempat dan sekitarnya, yang syarat dengan dinamika. 

“Mereka ASN yang akan memasuki purna tugas pada Februari mendatang ini kualitasnya sudah mumpuni, kami berharap mereka tetap melanjutkan kinerjanya di tengah masyarakat,” ucap Wawalkot Salahudin.

Pihaknya meminta kepada ASN yang purna tugas untuk teruslah menjadi pribadi yang produktif, memiliki semangat kerja,  inspiratif untuk menciptakan peluang usaha, serta bisa memanfaatkan uang THT yang diterimanya dengan sebaik mungkin.

“Selain melakukan hal positif melalui kegiatan sosial, mereka bisa juga menggunakan peluang yang ada untuk membuka usaha sesuai dengan bidang keahlian mereka, sehingga nantinya akan berdampak positif membuka peluang kerja bagi masyarakat disekitar tempat tinggalnya terutama generasi muda untuk berkarya di usaha-usaha mereka. Pasalnya, tabungan hari tua yang diperoleh mereka dari PT Taspen ini sangat cukup untuk membuka peluang usaha yang layak dan merekrut karyawan, sehingga pergunakanlah dengan bijak,” tandasnya.


Diantara ASN yang menerima SK Purnatugas yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Ir Agus Jati Waluyo, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Endarwanto, SKM, Staf pada Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol-P3KP), Suwardai, dan beberapa guru sekolah di Kota Pekalongan.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)