Apresiasi Dindukcapil Maksimalkan Pelayanan Prima Administrasi Kependudukan

Kota Pelayanan - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan terus memaksimalkan administrasi data kependudukan. Akselerasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dindukcapil perihal pelayanan dokumen kependudukan di Kota Batik ini khususnya untuk kepemilikan akta kelahiran, akte kematian dan perekaman e-KTP dinilai sebagai kinerja yang patut diapresiasi. Hal ini disampaikan oleh Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz,SE saat melakukan kunjungan monitoring di Kantor Dindukcapil Kota Pekalongan,Kamis(14/1/2021).
Menurutnya, sesuai dengan fungsinya, maka sejauh ini pihak Disdukcapil telah malakukan tugas dan kinerjanya dengan baik serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
"Kami sudah bolak-balik ke kantor Dindukcapil ini pelayanannya sudah optimal dan prima, tidak keluhan dari masyarakat selama ini dan ternyata kantor ini juga telah mendapatkan penghargaan kinerja pelayanan terbaik di level 4 oleh Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI. Kami sangat bangga dan apresiasi," ucapnya.
Disamping itu,capaian kinerja di hampir seluruh pelayanan administrasi kependudukan yang dijalankan oleh Dindukcapil Kota Pekalongan telah melampaui target nasional. Prestasi yang cukup membanggakan ini,pihaknya berharap bisa menjadikan motivasi dan semangat para pegawai di jajaran Dindukcapil dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depan.
"Pelayanan yang prima melalui kecepatan dan ketepatan program dalam memudahkan masyarakat mendapatkan layanan administrasi kependudukan ini yang harus tetap menjadi komitmen bersama seluruh jajaran Dindukcapil. Pegang selalu prinsip spirituality, amanah,profesionalitas dan integritas sehingga kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan bisa terus ditingkatkan," tegasnya.
Sementara itu,Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan,Drs Suciono mengaku bersyukur dan senang atas kunjungan monitoring Walikota ini yang bisa dijadikan sebagai motivasi dan semangat dalam meningkatkan kinerja di tahun mendatang.
Menurutnya,meskipun di tahun sebelumnya sudah diapresiasi Kementerian Dalam Negeri RI, kinerja Dindukcapil pelayanannya sudah dinilai paripurna di level IV se-Jawa Tengah bersama Kabupaten Kendal,Kabupaten Grobogan dan Kota Semarang dan dari 23 pelayanan yang dilakukan semua capaiannya melampaui target,namun masih harus ditingkatkan kembali seperti halnya capaian administrasi kependudukan kepengurusan akte kelahiran sudah 99.37 persen, perekaman e-KTP 97 persen, capaian sudah tinggi. Capaian tersebut tinggi dengan adanya kerjasama pemanfaatan data dengan kolaborasi beberapa lembaga seperti BPJS,Kemenag, BPS,Rumah Sakit.
"Kami berharap kinerja jajaran Dindukcapil bisa semakin ditingkatkan sehingga prosentase capaian program-program pelayanan kependudukan ini juga semakin baik, dan semua pelayanan kami tanpa dipungut biaya (gratis) dan bisa diurus sendiri minimal keluarganya tanpa perantara oranglain(calo). Kami berupaya layanan kependudukan di Kota Pekalongan semakin cepat, tepat dan mudah ke depan,"tandasnya.
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)
Menurutnya, sesuai dengan fungsinya, maka sejauh ini pihak Disdukcapil telah malakukan tugas dan kinerjanya dengan baik serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
"Kami sudah bolak-balik ke kantor Dindukcapil ini pelayanannya sudah optimal dan prima, tidak keluhan dari masyarakat selama ini dan ternyata kantor ini juga telah mendapatkan penghargaan kinerja pelayanan terbaik di level 4 oleh Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI. Kami sangat bangga dan apresiasi," ucapnya.
Disamping itu,capaian kinerja di hampir seluruh pelayanan administrasi kependudukan yang dijalankan oleh Dindukcapil Kota Pekalongan telah melampaui target nasional. Prestasi yang cukup membanggakan ini,pihaknya berharap bisa menjadikan motivasi dan semangat para pegawai di jajaran Dindukcapil dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depan.
"Pelayanan yang prima melalui kecepatan dan ketepatan program dalam memudahkan masyarakat mendapatkan layanan administrasi kependudukan ini yang harus tetap menjadi komitmen bersama seluruh jajaran Dindukcapil. Pegang selalu prinsip spirituality, amanah,profesionalitas dan integritas sehingga kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan bisa terus ditingkatkan," tegasnya.
Sementara itu,Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan,Drs Suciono mengaku bersyukur dan senang atas kunjungan monitoring Walikota ini yang bisa dijadikan sebagai motivasi dan semangat dalam meningkatkan kinerja di tahun mendatang.
Menurutnya,meskipun di tahun sebelumnya sudah diapresiasi Kementerian Dalam Negeri RI, kinerja Dindukcapil pelayanannya sudah dinilai paripurna di level IV se-Jawa Tengah bersama Kabupaten Kendal,Kabupaten Grobogan dan Kota Semarang dan dari 23 pelayanan yang dilakukan semua capaiannya melampaui target,namun masih harus ditingkatkan kembali seperti halnya capaian administrasi kependudukan kepengurusan akte kelahiran sudah 99.37 persen, perekaman e-KTP 97 persen, capaian sudah tinggi. Capaian tersebut tinggi dengan adanya kerjasama pemanfaatan data dengan kolaborasi beberapa lembaga seperti BPJS,Kemenag, BPS,Rumah Sakit.
"Kami berharap kinerja jajaran Dindukcapil bisa semakin ditingkatkan sehingga prosentase capaian program-program pelayanan kependudukan ini juga semakin baik, dan semua pelayanan kami tanpa dipungut biaya (gratis) dan bisa diurus sendiri minimal keluarganya tanpa perantara oranglain(calo). Kami berupaya layanan kependudukan di Kota Pekalongan semakin cepat, tepat dan mudah ke depan,"tandasnya.
(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)