Akses Jalan Menuju TWL Pantai Pasir Kencana dan TPI Diperbaiki

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tengah melaksanakan pekerjaan fisik berupa peningkatan akses menuju Obyek Wisata Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), tepatnya berada di Jalan WR Supratman, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Mengingat, di jalan tersebut kerap dilanda banjir dan rob. 

Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto melalui Kepala Bidang Bina Marga, Kukuh Adi Sri Satyanto menerangkan bahwa,
pekerjaan fisik di jalan WR Supratman ada 2 pekerjaan utama yaitu pertama peningkatan jalan dan pembangunan jembatan, yang kedua berupa perbaikan drainase dan pedestrian dengan drainase. Kukuh menyebutkan, untuk progress pekerjaan peningkatan jalan dan jembatan di kawasan tersebut sebesar 72,38 persen, sedangkan untuk pekerjaan drainase dan pedestrian mencapai 33,57 persen. Pelaksanaan pekerjaan fisik di sepanjang Jalan WR Supratman dimulai dari Obyek Wisata TWL Pantai Pasir Kencana hingga di depan Kelurahan Panjang Wetan ke selatan sedikit.

"Untuk pembangunan drainase dan pedestrian di jalan WR Supratman dibangun dengan saluran U-ditch 101 bh, Box 33 bh, serta penataan pedestrian atau trotoar sisi kiri sepanjang 313 meter dan sisi kanan sepanjang 426 meter," ucapnya.

Kukuh menjelaskan, untuk pelaksana dari pekerjaan drainase dan pedestrian dikerjakan oleh CV Narendra Exito Kota Pekalongan dengan nilai SPK/kontrak sebesar Rp1.909.203.900,00 dalam waktu pekerjaan 120 hari kalender hingga 11 Desember 2023 dan jangka waktu pemeliharaan 180 hari. Disamping itu, lanjut Kukuh menambahkan, di kawasan jalan tersebut juga dilakukan peningkatan jalan dan pembangunan jembatan dengan konstruksi  pengerasan beton sepanjang 649 meter dan lebar 11 meter. Pelaksanaan selama 120 hari dari Agustus sampai 6 Desember 2023.

"Berdasarkan nilai SPK/kontrak untuk peningkatan jalan dan jembatan di Jalan WR Supratman sebesar Rp5.975.521.600,00. Untuk pelaksananya dari CV Alv Prima Education. Semoga pekerjaan fisik Jalan WR Supratman ini bisa segera selesai agar banjir atau rob di kawasan menuju Obyek Wisata TWL Pantai Pasir Kencana maupun TPI tersebut bisa semakin teratasi," tandasnya. (