868 Kotak Suara untuk Pilkada 2024 Rampung Dirakit dan Disortir

Kota Pekalongan - Sebanyak 868 kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pekalongan Tahun 2024 telah rampung dirakit dan disortir. Perakitan dan sortir kotak suara telah dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 12-13 Oktober 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Pekalongan yang berada di Jalan Industri, Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda mengungkapkan bahwa, kotak suara untuk Pilkada Kota Pekalongan Tahun 2024 yang diterima KPU pada 6 Oktober 2024 lalu sejumlah 868 buah. Ratusan kotak suara itu untuk kebutuhan 430 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dimana, masing-masing TPS 2 buah kotak suara. Sisa 8 kotak suara diperuntukkan untuk 4 kecamatan yang ada, masing-masing kecamatan juga mendapatkan 2 buah.

"Kita lakukan proses perakitan sekaligus sortir kotak suara. Dari hasil sortir, ditemukan ada 4 kotak suara yang kondisinya kurang baik,"ucapnya saat ditemui di Gudang Logistik KPU Kota Pekalongan, Senin siang (14/10/2024).

Menurutnya, 4 buah kotak suara yang rusak itu selanjutnya akan dilaporkan ke KPU Pusat untuk mendapatkan kotak suara pengganti. Perakitan dan sortir kotak suara ini rampung selama 2 hari dengan melibatkan 10 orang pekerja, termasuk dari pegawai internal KPU.

"Selain kotak suara yang sudah datang, kami juga sudah menerima sebagian sampul sejumlah 6.043 lembar, namun belum kami sortir. Tinta juga sudah kami terima beberapa waktu lalu, sementara untuk kotak suara kami masih menunggu kemungkinan kotak suara dijadwalkan 23-
 sampai dengan 25 Oktober 2024 sudah posisi dicetak,"pungkasnya. (Dian)