568 Orang Ikuti Seleksi Pelatihan BLK

Kota Pekalongan – Sebanyak 568 orang mengikuti seleksi tertulis peserta pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan, Senin (27/7/2020). Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE didampingi Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Slamet Hariyadi SH MHum meninjau lokasi tes seleksi calon peserta Pelatihan Angkatan III Tahun 2020. 

Tes tertulis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, cuci tangan sebelum masuk ke aula, dan jaga jarak antar peserta ini dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi 1 pukul 08.00-10.00, sesi 2 pukul 10.00-12.00, dan sesi 3 pukul 13.00-15.00.

Melalui pelatihan ini Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE berharap angka pengangguran di Kota Pekalongan semakin rendah. “Melalui pelatihan nantinya tentu para peserta pelatihan akan dibekali dengan keterampilan yang dapat diimplementasikan untuk mendapatkan penghasilan seperti menjahit, menjadi teknisi listrik, komputer, dan sebagainya,” tutur Saelany.

Sementara itu, Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Slamet Hariyadi SH MHUm mengungkapkan bahwa pendaftar pelatihan di BLK sebanyak 568 orang. Adapun kuota yang akan diterima dibatasi, yakni sebanyak 112 orang. “Paket-paket pelatihan tersebut adalah Menjahit (2 paket), Teknis Pengelasan (1 paket), Desain Grafis (1 paket), Teknisi Sepeda Motor (1 paket), Perakitan Komputer (1 paket), dan Teknisi Kelistrikan (1 paket). Masing-masing paket pelatihan sebanyak 16 orang,” terang slamet.

Slamet berharap dengan adanya seleksi tertulis ini dan berikutnya, serta dilanjut dengan tes wawancara akan menghasilkan calon siswa pelatihan yang berkualitas. “Dengan siswa yang berkualitas setelah selesai pelatihan nantinya bisa terserap di dunia usaha baik bekerja di perusahaan-perusahaan/pemberi kerja maupun berwirausaha,” pungkas Slamet.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)