4700 Personel Siap Amankan Serangkaian Peringatan Maulid Kanzus Sholawat

Sebanyak 4.700 personel pengamanan dari Polres Pekalongan Kota, Brimob Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, TNI Kodim 0710/Pekalongan, dan jajaran Pemerintah Kota Pekalongan diantaranya Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP), dan instansi terkait lainnya siap mengamankan Serangkaian Peringatan Maulid Nabi Kanzus Sholawat di Kota Pekalongan, dibawah pimpinan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Habib Luthfi). Persiapan pengamanan tersebut dimulai dengan Apel Gelar Pasukan dan pengecekan armada serta sarana dan prasana yang dipimpin oleh Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi, didampingi Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, Wakil Kapolres Pekalongan Kota, Kompol Pariastutik, Pamatwil Pekalongan sekaligus Kabag Kerma Roops Polda Jateng, AKBP Fidel, Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Aliet Alphard, dan sejumlah pejabat, panitia Kanzus Sholawat, dan tamu undangan lainnya, berlangsung di Pendopo Lapangan Mataram, Kamis (27/10/2022).

Kapolres Pekalongan Kota menyampaikan bahwa, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan rutin setiap tahun, dimana pada tahun 2019-2020 sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19 masih tinggi. Di tahun 2021 lalu, kegiatan peringatan Maulid Nabi bisa digelar dengan sejumlah pembatasan dan protokol kesehatan. Walaupun pandemi Covid-19 belum usai, di tahun 2022 ini kembali terlaksana kegiatan Maulid Nabi secara besar-besaran dan harus didukung bersama-sama untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat dan seluruh jamaah yang hadir. 

AKBP Wahyu menyebutkan, ada beberapa kegiatan inti dalam Peringatan Maulid Nabi Kanzus Sholawat yang akan dilaksanakan mulai besok Jumat, 28 Oktober hingga puncaknya pada Minggu. Diantara serangkaian kegiatan itu adalah nikah Maulid di Gedung Kanzus dan kirab Merah Putih (28/10), apel merah putih dan ikrar merah putih di Lapangan Mataram serta kegiatan kirab Pajang Jimat (29/10), dan puncak acara Maulid tanggal 30 Oktober 2022 di Gedung Kanzus Sholawat.

"Pagi ini kita melakukan apel gelar pasukan untuk melakukan pengecekan tentang kesiapan personel dan sarana serta prasana dalam rangka pengamanan menghadapi serangkaian kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diinisiasi oleh Kanzus Sholawat mulai Jumat sampai Minggu, 28-30 Oktober 2022. Total personel yang disiapkan ada 4.700 orang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Banser, dan ormas," terang AKBP Wahyu.

Pihaknya menegaskan bahwa, seluruh personel maupun armada sudah siap digunakan dalam pengamanan Peringatan Maulid Nabi tersebut untuk menjamin kelancaran acara maupun memberikan rasa keamanan dan kenyamanan para tamu undangan baik pejabat negara, tamu dari negara lain dan masyarakat dari dalam dan luar kota yang hadir. Selain itu, beberapa antisipasi kerawanan yang terjadi seperti pengamanan rekayasa arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di titik-titik tertentu pun sudah dipersiapkan.
Disamping itu, personel yang bertugas juga siap memberikan himbauan tentang protokol kesehatan, kerawanan tindak pidana dan kriminalitas, seperti pencurian, dan mengamankan area kegiatan.

"Rekayasa lalu lintas sudah kita siapkan, dan memberikan sejumlah himbauan melalui media sosial dan media lain khususnya untuk kendaraan-kendaraan di jam-jam tertentu akan kita alihkan atau diarahkan melalui tol," pungkasnya.