Ratusan Pelajar Pekalongan Ikuti Seleksi Paskibraka

Sebanyak ratusan pelajar dari 27 SMA/SMK/MA mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Pekalongan tahun 2019 yang diselenggarakan melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan. Seleksi paskibraka salah satunya meliputi tes fisik, tes kesehatan serta kesamaptaan yang diselenggarakan di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Selasa (19/3/2019).

Mewakili Kepala Kesbangpol Kota Pekalongan, Mohamad Ainur Rofiq selaku Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol, menuturkan para pelajar yang mengikuti seleksi tes fisik dan kesehatan merupakan para pelajar yang lolos tes administrasi sebanyak 147 orang dari 300 pendaftar.

“Hari ini kegiatan seleksi calon anggota paskibraka kota Pekalongan tahun 2019 yang diikuti oleh siswa/siswi dari 27 SMA/MA/SMK se-Kota Pekalongan. Jumlah berkasyang masuk sekitar 300 kemudian kami seleksi administrasi dan yang lolos seleksi administrasi dan diperbolehkan mengikuti tes fisik dan kesehatan hari ini sekitar 147 siswa,” tutur Rofiq.

Disampaikan Rofiq, dari Kesbangpol mensyaratkan setiap sekolah dapat mengirimkan 12-13 wakil siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat Kota Pekalongan yang nantinya akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Rofiq menambahkan peserta akan diseleksi postur fisik dan kesehatannya yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, kesehatan gigi, mulut, mata, kulit, bahu, dan riwayat penyakit. Kemudian, peserta juga akan dinilai tes kesamaptaan berupa lari dan PBB (Peraturan Baris Berbaris).

“Dari 147 yang mengikuti tes hari ini akan diambil 67 siswa yakni putra sebanyak 45 orang dan putri 23 orang. Yang lolos selanjutnya akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan dalam minggu ini,” kata Rofiq.

Rofiq mengharapkan seorang paskibraka disamping memiliki postur fisik dan kesehatan yang bagus, ia juga harus memiliki pengetahuan, kemampuan diri, serta sikap yang sangat baik terutama dalam hal kedisiplinan sebagai contoh bagi teman-temannya.

“Yang diharapkan seorang paskibraka, yang pertama fisik memiliki tinggi badan untuk putra maksimal 180 cm, minimal 170 cm, sedangkan putri minimal 165 cm, dan maksimal 175 cm dengan berat badan yang proporsional atau ideal. Selain itu, ia juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan umum itu juga penting karena di penilaian tingkat Provinsi juga ada tes pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris, kemampuan bakat. Paskibraka harus menjadi contoh bagi teman-temannya, sikapnya, pengetahuan, postur tubuh, seorang paskibraka juga harus memiliki sikap kedisiplinan yang tinggi,” terang Rofiq.