Kurangi Angka Pengangguran Disperinaker Adakan Pelatihan Keterampilan

Awal tahun 2019 ini, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Pekalongan mulai menekan angka pengangguran di Kota Pekalongan. Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Disperinaker Kota Pekalongan mulai membuka pendaftaran pelatihan kerja dari berbagai keahlian sebanyak enam angkatan pada tahun 2019 ini. Angkatan pertama telah dibuka pendaftaran sejak 3 Desember 2018 sampai 14 Januari 2019 dan mulai pelatihan pada 19 Januari sampai dengan 4 Maret 2019.

Demikian diungkapkan Kepala Disperinaker Kota Pekalongan, Slamet Haryadi, Selasa (8/1/2019). Tahapan pertama ini ada 9 kejuruan yang masing-masing berjumlah 16 orang peserta, jadi total pelatihan angkatan I di BLK sebanyak 144 peserta. “Berbagai keahlian yang diajarkan yakni instalasi penerangan (listrik), mekanik sepeda motor, las SMAW 3G, operator komputer, menjahit, operator mesin bubut, pembuatan roti dan kue, teknisi handphone, dan tata kecantikan kulit,” sebut Slamet.

Dijelaskan Slamet, pelatihan ini gratis untuk masyarakat Kota Pekalongan dengan persyaratan pendaftaran berupa fotokopi ijazah terakhir, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), dan pas foto. “Untuk syarat peserta yakni warga Kota Pekalongan, pria atau wanita usia kerja, sehat jasmani dan rohani, dan lulus tes masuk. Untuk fasilitas peserta yakni alat tulis dan bahan pelatihan, pakaian kerja dan olahraga, konsumsi dan bantuan transport,” ungkap Slamet.

Slamet berharap warga Kota Pekalongan yang drop out atau putus sekolah, pengangguran, korban PHK yang sedang mencari bekal keterampilan untuk memasuki dunia kerja maupun berwirausaha dapat memanfaatkan program pelatihan keterampilan di BLK ini. “Semoga setelah selesai pelatihan mereka bisa terserap di dunia industri maupun menjadi enterpreuner yang siap bersaing, dengan demikian tentunya akan mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan warga Kota Pekalongan,” tandas Slamet.

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)