Dinperpa Sosialisasikan Perda Pelayanan Peternakan dan Kesehatan Hewan

Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan terus berupaya untuk melaksanakan aturan UU no 41 Tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan, salah satunya dengan telah disahkannya Perda Pelayanan Peternakan dan Kesehatan Hewan pada tahun 2018. Sebagai salah satu pelaksanaan perda tersebut adalah penataan Rumah Potong Hewan (RPH) untuk mencapai target kinerja penyediaan bahan pangan asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh, dan halal (ASUH),  maka proses penyediannya harus diawasi dengan benar sesuai aturan. 

Saat ditemui di RPH Panjang Wetan, Selasa (8/1/2019), Kepala Bidang Peternakan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi SPt Msi mnyampaikan bahwa dalam rangka menegakkan prosedur pengawasan RPH sesuai UU dan perda, akan dilakukan beberapa upaya, yang pertama perbaikan prosedur dan sarpras RPH milik pemerintah. Kedua, penertiban tempat pemotongan hewan swasta yang tidak berijin. 

“Dalam rangka perbaikan sarpras RPH, Pemkot Pekalongan akan melakukan pembangunan RPH baru karena RPH Panjang terkena dampak rob sehingga direlokasi ke tempat yang lebih memenuhi syarat. Untuk pembangunan RPH baru dilakukan secara bertahap, rencananya didukung pendanaan dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia mulai tahun 2019 ini,”  terang Ilena.

Ilena juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyembelih hewan ruminansia (sapi, kerbau, kambing kerbau) yang aturannya harus dilakukan di RPH, mengikuti tata prosedur penyembelihan yang memenuhi kaidah ASUH dengan memperhatikan kesejahteraan hewan. “RPH yang sudah memenuhi persyaratan hygiene sanitasi dan prosedur penyembelihan yang benar akan memiliki sertifikat yaitu nomor kontrol veteriner, otomatis daging yang dihasilkan di RPH tersebut terjamin kemanannya,” tandas Ilena.

Kemudian untuk upaya penertiban tempat pemotongan hewan yang tidak berizin,  pihak dinperpa telah melakukan pendekatan dan pembinaan intensif serta  berkerjasama dengan aparat penegak hukum.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)