Wujudkan Generasi Melek IT, Dinkominfo Tanamkan Internet Sehat

Tahun 2020 ini Pemerintah Kota Pekalongan terus menanamkan internet sehat kepada para siswa di Kota Pekalongan. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan memfasilitasi anak sekolah untuk belajar memanfaatkan IT secara positif dan sehat, guna mewujudkan generasi penerus yang melek teknologi dan informasi (IT).

Hal ini juga mendukung program pemerintah Kota Pekalongan yakni smart city. Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Persandian (PSIP) Dinkominfo Kota Pekalongan memberikan pembelajaran internet positif dengan Mobile Community Acces Point (MCAP). Demikian diungkapkan Petugas Pelaksana Dinkominfo Kota Pekalongan, Ayuning Triastanti SKom saat membagikan pengetahuan internet positif kepada para siswa di SDN Karangmalang, Kecamatan Peklaongan Timur, Kota Pekalongan, Senin (13/1/2020).

Memanfaatkan memfasilitasi anak-anak pelajar sekolah untuk melek IT, Sesuai Kebijakan Pemerintah Kota Pekalongan mendukung Smart city melalui Bidang PSIP Dinkominfo Kota Pekalongan, sasaran hari Senin- Kamis di Wilayah Kota Pekalongan, SDN Karangmalang Jam 9-12, juga memberikan pelajaran kepada siswa terkait Internet Sehat. “Kegiatan Internet Keliling atau MCAP ini untuk keliling ke sekolah, memberikan pengetahuan bagi para siswa dan guru agar semakin melek IT. Selain memfasilitasi, kami tetap mengawasi anak-anak dalam menggunakan internet agar tidak membuka situs yang dilarang,” kata Ayu.
Pendidikan internet sejak dini, sangat dibutuhkan, tetapi tentu harus diajarkan bagaimana memanfaatkan internet dengan bijak dan positif. “Sebetulnya MCAP ini menyasar ke semua kalangan, bukan hanya pelajar. Tapi kami lebih banyak ke sekolah-sekolah khususnya SD, karena pihak sekolah juga memanfaatkan ini sebagai wadah informasi siswa dalam mengerjakan tugas,” tutur Ayu.

Program pembelajaran internet positif bagi dengan MCAP ini biasanya dimulai pukul 09.00-12.00 WIB. Sebelum ke tempat tujuan, biasanya kami juga telah ada kesepakatan jadwal antara sekolah dan Dinkominfo Kota Pekalongan. "Jadi ketika MCAP datang, pihak sekolah dapat mengatur kelas mana yang akan menggunakan fasilitas MCAP,” pungkas Ayu.