Walikota Serahkan SPPT PBB - P2 ke Kelurahan

Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2019 sudah dapat dilakukan masyarakat Kota Pekalongan ditandai dengan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB - P2 Tahun 2019 oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE kepada lurah se-Kota Pekalongan di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Kamis (11/4/2019).

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan mengapresiasi dan dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang telah berpartisipasi untuk pembayaran PBB, Kelurahan Kauman yang ternyata tertinggi karena berada di pusat perkotaan.

“Pada dasarnya PBB ini menjadi sumber pendapatan daerah, sehingga peran lurah diperlukan untuk mendorong warganya membayar pajak. Penyerahan SPPT PBB ini sudah kami lakukan, harapannya distribusi kepada wajib pajak dan pengelolaan PBB dapat berjalan lancar,” tutur Saelany.

Diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pekalongan, Drs Suciono penyampaian SPPT PBB mekanisme seperti tahun 2018. Setelah Walikota Pekalongan sampaikan ke masing-masing kelurahan dan kecamatan dilanjutkan dengan tugas lurah untuk menyampaikannnya ke tingkat RT dan RW untuk disampaikan pula kepada warganya.

Batas waktunya pemberitahuan kepada warga yakni tanggal 31 Juli 2019. Di samping itu juga seperti tahun lalu BKD menggalakkan Bulan Panutan Bayar PBB. “Setelah Walikota Pekalongan membayar PBB, para Kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD), seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan anggota dewan secara periodik untuk melunasi PBB dimulai saat ini sampai 10 Mei,” ungkap Suciono.

Suciono menjelaskan bahwa untuk pembayaran PBB paling lambat pada 30 September 2019. Tentu masyarakat diimbau untuk segera melunasi PBBnya sebelum tanggal jatuh tempo. “Kami berusaha melakukan upaya dan perbaikan layanan agar masyarakat Kota Pekalongan terdorong untuk melunasi PBB, bahkan kami berikan reward pada Gebyar PBB Oktober mendatang. Tak tanggung-tanggung empat unit sepeda motor dan hadiah lainnya kami berikan bagi masyarakat yang melunasi PBBnya sebelum jatuh tempo,” papar Suciono.