Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Kesbangpol Sosialisasikan Pemilu

Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan dilaksanakan pada 17 April 2019, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Kantor Kesbangpol Kota Pekalongan mengadakan Sosialisasi Pemilu Serentak di Aula Kecamatan Pekalongan Timur, Kamis (11/4/2019). Sosialisasi yang pada hari sebelumnya digelar di Kecamatan Pekalongan Barat dan Kecamatan Pekalongan Utara, dan esok di Kecamatan Pekalongan Selatan ini untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat serta meningkatkan partisipasi masyarakat Kota Pekalongan dalam ppemilu nanti.

Sebanyak 100 orang dari perwakilan kelurahan di Kecamatan Pekalongan Timur dibekali pengetahuan politik agar tak ada keraguan lagi pada Pemilu 2019 dapat menggunakan hak pilihnya.

Menurut Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE, sosialisasi semacam ini penting dilakukan, mengingat banyaknya pengetahuan yang harus disampaikan kepada masyarakat. Saelany percaya masyarakat Kota Pekalongan dapat memilih dengan cerdas. “Yang terpenting kerukunan selalu dapat dijaga, jangan samapai dengan beda pilihan ini memecah persatuan dan kesatuan,” tutur Saelany.

Saekany mengimbau kepada masyarakat untuk memaksimalkan partisipasi dalam Pemilu 2019 serta menjaga kerukunan dan kondusivitas lingkungan agar aman, tenteram, dan damai. “Jangan lupa pada 17 April 2019 mendatang, masyarakat Kota Pekalongan berbondong-bondong datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya,” ajak Saelany.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pekalongan, Bambang Sumitro mengungkapkan bahwa Kantor kesbangpol memberikan pendidikan politik kepada masyarakat di tiap-tiap kecamatan di Kota Pekalongan. “Ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019, jadi setelah sosialisasi ini saya berharap masyarakat beramai-ramai datang ke TPS,” jelas Bambang.

Dikatakan Bambang, walau bebreda warna dan pilihan masyarakat Kota Pekalongan tetap bersaudara dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Ingat tanggal 17 April ya, jangan golput, kita berhak memilih,” tukas Bambang.