Sambangi Kota Mataram, Ketua Dekranasda Inggit Ajak Pengrajin Kolaborasikan Batik dan Tenun

Sebagai upaya untuk membangkitkan kreativitas dan menambah pengetahuan UKM binaannya terkait produk kebudayaan Indonesia, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan menyambangi Dekranasda Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bersama dengan Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid, Wakil Walikota Pekalongan, Wakil Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Istiqomah serta rombongan UKM Dekranasda Kota Pekalongan, Ketua Dekranasda, Inggit Soraya bersyukur pihaknya disambut dan diterima dengan baik oleh jajaran pengurus dan anggota Dekranasda Kota Mataram di kantor Sekretariat setempat, Jumat (26/1/2024).

“Kami bersyukur bisa berkunjung ke Dekranasda Kota Mataram, kesempatan ini menjadi sebuah wadah belajar untuk teman-teman UKM Dekranasda, disini kami melihat kerajinan yang indah utamanya kain tenun, mutiara dan cukli yang berasal dari kulit kerang, semuanya bagus sekali,” tuturnya.

Mempunyai unggulan daerah yang serupa berupa seni kriya tekstil, yakni kain tenun dan kain batik, Inggit ingin nantinya bisa dijadikan inspirasi bagi para pengrajin untuk bisa mengkolaborasikannya dengan apik tanpa meninggalkan unsur dan proses pembuatan yang syarat dengan kearifan lokal.

Sementara itu, ketua Dekranasda Kota Mataram, Kinastri Mohan Roliskana mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan Dekranasda Kota Pekalongan, ia ingin pertemuan ini tak hanya berhenti disini saja, namun dapat dilanjutkan dengan kolaborasi dan sinergi untuk mengembangjan potensi di masing-masing daerah.

“Semoga ini menjadi penjalin silaturahmi kita, kami juga disini sedang belajar membatik, mudah-mudahan lain waktu kami bisa dapat kesempatan mengirim beberapa pengrajin untuk kita training di kota Pekalongan dan kami tunggu kedatangan kota Pekalongan di waktu selanjutnya,” tutupnya.