Ramaikan Hari Jadi, Pemkot Bakal Pasang Lampu Hias Inovatif

Mempersiapkan Hari Jadi Ke-113 Kota Pekalongan tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Pekalongan mulai menyiapkan perayaan pada April mendatang. Dijelaskan Sekda Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih pada Rapat Koordinasi Persiapan Hari Jadi ke-113 Kota Pekalongan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Kamis (7/2/2019), pihaknya akan mengusung tema tempo dulu dan memasang lampu hias di kota hingga ke tingkat kelurahan.. 

Menilik sejarah bahwa Pemerintahan Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah telah menetapkan Peraturan Daerah No 2 tahun 2007 tentang Hari Jadi Kota Pekalongan yang ditetapkan tanggal 1 April 1906. Tanggal tersebut merupakan tanggal diundangkannya staadblaad nomor 124 tahun 1906 tentang desentraliasi dengan pemisahan keuangan untuk Ibukota Pekalongan dari keuangan pemerintah Hindia Belanda. Dengan mengenang sejarah tersebut Pemkot Pekalongan pada perayaan Hari Jadinya ke-113 akan mengusung konsep tempo dulu.

“Tahun ini berbeda dengan tahun lalu, kami ingin menerapkan Kota Pekalongan tempo dulu. Untuk rangkaian acara, kami tetap selenggarakan istighosah, kirab budaya, pentas seni, dan acara pendukung lainnya,” papar Sri Ruminingsih.

Menurut Sri Ruminingsih, konsep yang bagus akan memberikan kesan yang bagus, dengan mengusung tempo dulu dengan Pemasangan lampu hias di tingkat kelurahan sampai kota secara inovatif diharapkan mampu memeriahkan hari jadi dan mempercantik kota “Perayaan hari jadi yang akan digelar April ini masih akan kami rapatkan lagi untuk persiapannya,” ujar Sri Ruminingsih.