Perkuat Pemasaran Batik Jelang Lebaran, Pemkot Siapkan Papan Promosi

Guna menguatkan pemasaran produk unggulan batik jelang lebaran, Pemerintah Kota Pekalongan akan memaksimalkan pemasangan papan promosi untuk menarik pemudik agar singgah di Kota Pekalongan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM), Zainul Hakim di ruang kerjanya, Jumat (17/5/2019).

Zainul menilai langkah ini lebih efektif dibandingkan menerima tawaran dari pihak pengelola rest area fungsional Tol Trans Jawa Ruas Pemalang-Batang Km 344, Pemalang-Batang Tol Road (PBTR). Penawaran yang dimaksud itu adalah agar pedagang batik bisa menempati lapak yang sudah disediakan pengelola rest area.

"Kami akan memanfaatkan jalur interchange Setono untuk meningkatkan ekonomi, terutama pedagang batik di Pasar Grosir Batik Setono selama momen mudik Lebaran. Sehingga, kami sedang memperkuat program Batik Night Market dengan membangun penanda berupa Letter Giant Light semacam lampu raksasa yang menyala di malam hari persis di depan Pasar Grosir Setono," kata Zainul.

Lebih lanjut, Zainul menegaskan, Pemerintah Kota Pekalongan tidak tertarik akan tawaran tersebut dikarenakan harga sewa terlalu tinggi.

"Tawaran dari PBTR sudah dirapatkan di Semarang, Selasa (14/5/2019) terkait dengan peluang memasarkan UMKM Batik Kota Pekalongan di rest area terdekat, kita justru tidak tertarik karena kemarin dari hasil rakor tersebut nilai sewa yang ditawarkan mereka relatif tinggi sehingga apabila kita share ke para pengusaha batik mungkin tidak ada peminatnya," tegas Zainul.

Dipaparkan Zainul, Pemkot Pekalongan sedang fokus mempersiapkan pemasangan papan promosi tersebut untuk menginformasikan kepada para pemudik yang ingin berbelanja oleh-oleh batik pekalongan maupun produk unggulan Kota Pekalongan lainnya.

"Saat ini Letter Giant Light sedang dibangun oleh pihak ketiga yang telah kami tunjuk. Kami juga bekerjasama dengan KTBS sebagai pemilik aset Pasar Grosir Setono dan IPASENO (Ikatan Pedagang Pasar Grosir Setono). Kami sedang menyiapkan surat yang ditandatangani Walikota Pekalongan dengan PT. Pemalang Batang Tol Road (PBTR) yang mengelola jalan tol ruas Pemalang-Batang," pungkas Zainul.