Pemkot Ajak Masyarakat Kenang Pertempuran Tiga Oktober

Pemerintah Kota Pekalongan bakal menggelar rangkaian acara Peringatan Pertempuran 3 Oktober di Monumen Joeang Kota Pekalongan untuk mengenang jasa para pejuang di Kota Pekalongan dalam merebut kekuasaan dari tangan Jepang pada 3 Oktober 1945. Berbagai hal tengah dipersiapkan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakholder lainnya di Ruang Kalijaga Setda Kota Pekalongan, Kamis (19/9/2019).

 

Diterangkan Plt Asisten Pemerintahan, Ir Budiyanto MPi MHum, adanya peringatan ini menceritakan bahwa di Pekalongan ada peristiwa heroik yaitu sebuah pertempuran yang terjadi untuk mempertahankan Kota Pekalongan dari penjajah. “Mengenang para pahlawan yang gugur ini akan di akan dibacakan sejarah Pertempuran 3 Oktober,” terang Budi.

Budi menjelaskan bahwa untuk konsep acaranya yakni usai pembacaan sejarah akan ada upacara peringatan yang di dalamnya ada drama kolosal pertempuran 3 Oktober. “Untuk menghargai jasa para pahlawan Pemerintah Kota Pekalongan akan memberikan santunan kepada keluarga peristiwa 3 Oktober,” tutur Budi.

 

Berbagai persiapan dilakukan untuk menyuguhkan gambaran perjuangan 3 Oktober kepada masyarakat Kota Pekalongan. Budi berharap peringatan Peristiwa 3 Oktober ini dapat tersebarluaskan sehingga masyrakat Kota Pekalongan pada 3 Oktober 2019 ini berbondong-bondong hadir ke Monumen Joeang Kota Pekalongan. “Mari bersama mengenang sejarah perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan Kota Pekalongan agar bebas dari penjajah,” tandas Budi.