PAPKS BM Sasar 90 Remaja Kuripan Yosorejo

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan menggelar sosialisasi bagi remaja Program Akselerasi Pembangunan Keluarga Sejahtera Berbasis Masyarakat (PAPKS BM) tahun 2019 di Aula Eks Kelurahan Kuripan Lor, Jumat (12/6/2019).

Sebanyak 90 remaja antusias mengikuti diskusi dengan meteri Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang disampaikan oleh Kasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan, Nurul Indrawati SH MH, materi kenakalan remaja dan bahaya narkoba oleh Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol I ketut Lanus, dan pendidikan seks oleh Psikolog Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Nur Agustina SPsi MM.

Ketua LPM Kelurahan Kuripan Yosorejo, Amirul Huda menyampaikan bahwa kegiatan hari ini menyasar organisasi kepemudaan seperti IPNU/IPPNU, Ikatan Remaja Masjid, Karang Taruna, dan mahasiswa KKN-T dari IPB di Kelurahan Kuripan Yosorejo.

“Semoga melalui kegiatan ini para remaja mengerti dan paham hal-hal yang harus dijauhi. Selain itu mereka juga mengetahui pendidikan seks sehingga ke depannya lebih bisa menjaga dirii, dan rawannya penyalahgunaan narkoba harus selalu kita waspadai,” jelas Huda.

Melalui kegiatan ini, Lurah Kuripan Yososrejo, Untung Siswanto mengaku berharap para remaja memiliki bekal pengetahuan bermasyarakat, semakin berhati-hati terhadap kenakalan remaja, bijak menggunakan teknologi. “Remaja tidak boleh mengonsumsi narkoba karena sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai kebiasaan kita menggunakan teknologi merugikan orang lain,” tutur Siswanto.

Terkait kerawanan tindak kejahatan di Kuripan Yosorejo yakni Bong Cino yang ramai digunakan untuk tongkrongan, Siswanto mengimbau kepada para remaja untuk berhati-hati, jika ada hal yang mencurigakan untuk menginformasikan kepada pihak berwenang. “Setiap Kamis sampai dengan Minggu malam Bong Cino selalu ramai untuk berkumpul anak muda, ini rawan digunakan untuk transaksi narkoba atau tindak kejahatan lainnya. Mari jaga lingkungan Kelurahan Kuripan Yosorejo untuk tetap kondusif dan aman,” ujar Siswanto.