Lomba Tingkat SD-SMA Semarakkan Festival Literasi 2023

Berbagai rangkaian kegiatan digelar untuk menyemarakkan Festival Literasi 2023 di Lapangan Mataram Setda Kota Pekalongan. Hari keempat, Kamis (21/9/2023) gelaran Festival Literasi semakin semarak dengan kegiatan Ayo Membaca dan lomba tingkat SD sampai SMA. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus), Soeroso melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Ismanto mengungkapkan bahwa hari ini kegiatannya berupa Gerakan Ayo Membaca dan kegiatan pendukung berupa lomba menggambar tingkat SD kelas 4-6, lomba rangking 1 kategori SMP dan kategori SMA. 

"Kegiatan lomba ranking 1 ini bagian dari literasi membaca, tujuan agar merangsang dan memotivasi anak untuk semakin giat membaca. Tentunya semakin sering membaca pengetahuan yang dimiliki semakin bagus dan luas," tutur Ismanto. 

Indikator untuk kegiatan ini yakni dengan memberikan pertanyaan kepada peserta lomba. Nantinya akan ditentukan juara 1, 2, dan 3 kemudian mendapatkan sertifikat, tropi, dan uang pembinaan.

"Kami berharap minat baca masyarakat semakin meningkat, masyarakat semakin gemar membaca buku. Membaca buku itu banyak manfaatnya. Selain mencerdaskan dan menambah pengetahuan juga menghilangi penyakit pikun," tutup Ismanto.