Kota Pekalongan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Tenis Piala Gubernur 2019

Kota Pekalongan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Tenis Piala Gubernur Jawa Tengah 2019. Kejuaraan tersebut merupakan hasil kerja sama yang baik antara Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota di Jawa Tengah bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah dan melibatkan KONI, PELTI, serta unsur terkait lainnya. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Pekalongan melalui Kepala Seksi Olahraga, Bambang Andi Waluyo SPd saat menghadiri Rapat technical meeting di Ruang Kalijaga Setda setempat, Selasa siang (9/7/2019).

Bambang mengatakan bahwa mengungkapkan rasa bangga dan berterimakasih telah ditunjuknya Kota Pekalongan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaran Tenis tingkat Jawa Tengah tersebut. Disampaikan Bambang, turnamen yang berlangsung pada tanggal 10-12 Juli 2019 pukul 08.00 diikuti oleh 26 Tim terdiri dari 19 Tim Kab/Kota, 1 Tim Pemerintah provinsi Jateng, 1 Tim Kodam IV/Dip, 1 Tim PTPN IX, 1 Tim Korem 071/WK, dan 3 Tim masing masing dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED )Purwokerto.

“Kami bangga Kota Pekalongan berkesempatan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Kejuaraan Tenis Piala Gubernur tahun ini. Yang paling utama lagi ini rekor dimana sebelumnya peserta masih dibawah 20 tim, setelah pelaksanaan di Kota Pekalongan tahun ini bisa 26 tim peserta. Jumlah peserta se-Jateng sangat antusias sekali. Kami memang gencar sekali sosialisasi ke Jateng agar mereka tahu Kota Pekalongan seperti apa,” ucap Bambang.

Bambang menerangkan untuk segala persiapan telah dipersiapkan matang-matang dengan dukungan sarana dan prasarana memadai mulai dari tempat pertandingan, kontigen kota, informasi mengenai tempat penginapan, kuliner hingga tempat wisata, maupun tempat perbelanjaan batik.

“Tempat pertandingan sudah kami siapkan di Gor Jetayu ada 4 pool, Lapangan PDAM 2 pool, dan Praba Jaya 2 pool, fasilitas lain kami juga maksimalkan karena kami ingin menjadi tuan rumah yang baik. Harapan kami Kota Pekalongan menjadi tuan rumah bisa melayani dengan baik, dengan datangnya 300-400 atlet ke Kota Pekalongan, hotel, kuliner kita laku, sehingga bisa mendongkrak perekonomian Kota Pekalongan,” jelas Bambang.

Bambang memaparkan persiapan kontigen atlet Kota Pekalongan juga telah dipersiapkan. Para atlet telah dilatih semaksimal mungkin agar dapat tampil prima dan membawa nama baik Kota Pekalongan di ajang bergengsi tersebut.

“ Kami mengirimkan 1 tim terdiri dari 9 pemain dan 1 official di kelompok ganda putra 50 tahun ke atas, ganda putra 40 tahun ke atas dan prestasi. Latihan 1 bulan sebelumnya sudah kami godok para atlet, dan tadi malam terbentuk 1 tim terbaik Kota Pekalongan yang mudah-mudahan bisa membaw hasil yang maksimal untuk Kota Pekalongan. Harapannya tim Kota Pekalongan capaiannya meningkat dari tahun lalu, karena setiap tahun kita selalu ikut kejuaraan tersebut termasuk persiapan Kejuaraan Dinpora di Surakarta bulan Agustus mendatang. Target bisa mendapat juara umum di tahun ini,” papar Bambang.

Sementara itu, Referee Provinsi Jawa Tengah dalam ajang kejuaraan tenis tersebut, Yoyok Eko Prasetyo menambahkan kejuaraan tersebut sebagai ajang silaturahmi antara pecinta olahraga tenis se-Jateng.

“ Kejuaraan tenis memperebutkan piala gubernur ini sudah ke-18 kalinya dan kebetulan tahun ini pelaksanaannya ada di Kota Pekalongan. Turnamen tenis beregu putra ini dibedakan berdasarkan tiga kategori kelompok. Pertama Kelompok Umur 50 tahun ke atas, Kedua Kelompok Umur 40 tahun ke atas, dan terakhir Kelompok Prestasi. Masing masing Tim Berisi 10 orang peserta dimana 9 diantaranya pemain dan 1 official,” pungkas Yoyok.