Buka Puasa Bersama Anak Yatim, Wakil Walikota Tekankan Larangan Bermain Petasan

Mengisi Bulan Suci Ramadhan 1440 H, Pemerintah Kota Pekalongan bekerja sama dengan TP PKK Kota Pekalongan berbagi kebahagiaan dengan menyelenggarakan acara buka puasa bersama ratusan anak yatim se-Kota Pekalongan. Acara jamuan buka puasa tersebut digelar di Guest House Walikota Pekalongan, Senin sore (20/5/2019).

Dalam acara buka puasa tersebut, turut hadir Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid beserta istri, Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Khusnul Khotimah, Asisten Pembangunan Setda Kota Pekalongan, Sri Wahyuni SH, Komandan Kodim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, dan sejumlah para Forkopimda di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan.

Mewakili Walikota Pekalongan, Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menyampaikan acara buka puasa bersama anak-anak yatim ini merupakan agenda rutin yang diadakan pada bulan Ramadhan sebagai bentuk perhatian dan kepekaan Pemerintah Kota Pekalongan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim yang ada di Kota Pekalongan.

“Pemerintah Kota Pekalongan memang harus mengikuti firman Rasulullah bahwa kita harus baik kepada anak yatim, bahkan Rasulullah sendiri pernah bersabda bahwa 'orang yang tidak baik atau membenci anak yatim bukan termasuk kaumku'. Di samping Pemerintah Kota Pekalongan buka puasa bersama dengan semua elemen masyarakat tentunya harus ada perhatian juga terhadap anak yatim,” ucap Afzan.

Dituturkan Arslan, anak-anak yatim diundang ini merupakan perwakilan dari semua kelurahan di Kota Pekalongan, dimana masing-masing kelurahan 10 anak yatim.

“ Mudah-mudahan ini menjadi berkah bagi Pemerintah Kota Pekalongan yang mana kita butuh doa dari semuanya. Dimana kemarin kita juga melakukan buka puasa bersama dengan para kyai/ulama dan hari ini dengan anak yatim,” tutur Afzan.

Dalam acara tersebut, Arslan juga menghimbau agar anak-anak menghindari hal negatif selama bulan puasa, salah satunya menghindari untuk ikut bermain petasan. Beliau menekankan agar mereka tetap semangat belajar dan meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan penuh berkah ini.

“Anak-anak yang pasti menghindari hal-hal negatif yang biasanya dilakukan di bulan puasa ini adalah petasan, kita berharap anak-anak tersebut tidak ikut bermain petasan karena disamping membuang uang dengan sia-sia, petasan juga efeknya sangat berbahaya. Kita tekankan pada mereka tetap semangat belajar, karena ini kebetulan masih ujian di sekolah, terus belajar dan rajin ibadah,” tegas Afzan.

Setelah sambutan acara di lanjutkan dengan memberikan santunan kepada anak yatim yang diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid dan Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Khusnul Khotimah.

Acara buka puasa bersama juga diisi dengan tausyiah singkat oleh KH Hasannudin M dari Sampangan mengenai keharusan memuliakan anak yatim. Usai buka puasa bersama, acara dilanjutkan sholat maghrib berjamaah.