ASN Purnatugas, Walikota Serahkan 28 SK Pensiun

Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pensiun kepada 28 aparatur sipil negara (ASN) yang telah mencapai purnatugas per 1 April 2019. Penyerahan SK Pensiun tersebut diserahkan langsung oleh Saelany kepada 28 ASN saat membuka Pameran PPID di Halaman Gor Jetayu Pekalongan, Jumat (5/4/2019).

Dalam sambutannya, Saelany menyampaikan apresiasi kepada para ASN yang memasuki purnatugas, terhadap pengabdian yang mereka emban selama bertugas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan.

“Pada kesempatan yang baik ini juga kami menyampaikan ucapan terimakasih atas pengabdian luar biasa yang ditunjukkan Bapak/Ibu yang telah diberikan SK Pensiun. Pensiun ini adalah salah satu bentuk syukur kepada Allah S.W.T bahwa ternyata pengabdian mereka sudah sampai pada batasnya tanpa ada suatu halangan apapun. Ini perlu kita syukuri,” ucap Saelany.

Dijelaskan Saelany, memasuki purnatugas tentu bukanlah akhir kehidupan, namun sebagai langkah awal dalam menjalani kehidupan yang baru.

“Mereka masih ada waktu panjang yang dulu setiap hari dibebankan suatu pekerjaan yang luar biasa, sekarang bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk keluarga, untuk berbakti kepada masyarakat di lingkungan kita sehingga masa pensiun bukan habis masa pengabdian kita tetapi kita mulai ke dunia baru untuk lebih memperhatikan lingkungan kita,” jelas Saelany.

Pada kesempatan tersebut, Saelany juga mengingatkan para pensiunan ASN tidak mudah tergiur dengan iming-iming bisnis yang menjanjikan namun belum jelas ke depannya.

“Tentu saja, kami hanya bisa mengingatkan banyak pasca pensiun yang tidak berhasil, karena waktu yang sedemikian longgar, mereka memanfaatkannya dengan cara yang salah contohnya ingin berbisnis yang sesungguhnya bukan ranah kita sehingga SK pensiunan yang seharusnya kita nikmati di masa tua yakni aset kita gadaikan untuk memulai usaha. Banyak asetnya yang digadaikan kemudian bisnis nya gagal, mereka menjadi stress karena hilang semuanya, harta ilang, uang pensiunannya hanya untuk setor ke bank. Jangan terbuai, tertarik dengan iming-iming bisnis yang belum jelas masa depannya,” tegas Saelany.

Pada penyerahan tersebut, selain menerima SK Pensiun, 28 ASN yang menerima SK pensiun hari ini, mereka juga mendapatkan KARIP (Kartu Induk Pensiun), dan Kartu Keluarga (KK) baru serta cinderamata dari Pemkot Pekalongan dan mitra kerja Bank Jateng.