Walikota Beri Arahan Bagi Pengurus LPM-BKM terpilih

Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz memberikan pengarahan kepada para pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)  terpilih se- Kota Pekalongan periode 2019-2021 di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (26/12/2018).

Dalam amanatnya, Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz menyampaikan bahwa untuk periode ini, pengurus LPM-BKM akan didampingi dan dibina langsung oleh para lurah dan camat dalam menjalankan tupoksinya.

“Pendampingan LPM-BKM sangat dibutuhkan seperti peningkatan kapasitas kelembagaan LPM dan BKM baik dari segi kepengurusan, manajemen operasional, keuangan, dukungan regulasi sebagai dukungan pelaksanaan tahun 2019-2021. Fokus garapan ini terkait pemberdayaan masyarakat di kelurahan, oleh karena itu  LPM dan BKM inilah yang punya peran besar yang nanti akan didampingi satu faskel di setiap kelurahan dan dibina secara langsung oleh lurah sebagai sasaran prioritas, nanti juga akan diambilkan faskel senior sebagai koordinator,” ucap Walikota.

Saelany menghimbau kepada pengurus LPM-BKM kelurahan yang terpilih untuk tetap fokus, amanah, netral dalam menjalankan tugas dan fungsi pokoknya masing-masing sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pihaknya berharap seluruh pengurus yang terpilih dapat memberikan kontribusinya, menumbuhkan semangat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan Saelany, keberadaan LPM-BKM di kelurahan masing-masing sejalan dengan komitmen dan cita-cita mewujudkan visi-misi Kota Pekalongan yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya berlandaskan  nilai-nilai religiusitas, pasalnya keberadaan LPM-BKM juga sangat strategis bagi percepatan pembangunan Kota Pekalongan dan menjalin komunikasi serta koordinasi dengan seluruh unsur masyarakat tanpa adanya perbedaan.

Sementara itu, dikatakan Kepala DPMPPA Kota Pekalongan, Mas Pujantoro, secara umum pelaksanaan re-organisasi pengurus LPM-BKM Kota Pekalongan telah berjalan dengan baik, lancar dan demokratis serta transparan yang melibatkan  semua pihak mulai dari tingkat basis RT/RW hingga tingkat Kelurahan. 

“LPM-BKM sebagai mitra dari Pemerintah  Kota Pekalongan dalam melaksanakan  pembangunan di tingkat Kelurahan, pada objek pembangunan itu nanti adanya di Kelurahan baik itu yang sifatnya fisik maupun  nonfisik, semua nanti akan berjalan dengan simultan, bersinergi dengan pihak terkait, pembinaannya dari tingkat kota, kecamatan sampai pada kelurahan,” ucapnya.

Untuk mengoptimalkan kinerja kepengurusan LPM-BKM ke depan, Mas Pujantoro menjelaskan bahwa pihaknya akan mengadakan pelatihan kapasitas bagi pengurus LPM-BKM Kelurahan di sekitar bulan Januari.

 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)